PENINGKATAN EMPATI MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Main Article Content

Muhammad Randicha Hamandia

Abstract

Empati adalah bukti bahwa individu merupakan makhluk Allah swt. yang dibekali oleh akal dan perasaan yang dapat memjadikan ia menjadi manusia yang mengabdikan diri kepada Allah swt. dengan mencintai sesamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan empati melalui strategi komunikasi persuasif pada mahasiswa Prodi KPI UIN Raden Fatah Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Prodi KPI UIN Raden Fatah Palembang yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)pelaksanaan strategi komunikasi persuasif dilakukan melalui beberapa tahapan seperti (a)perhatian, (b)pemahaman, (c)pembelajaran, (d)penerimaan serta (e)penyimpanan, (2)terjadi peningkatan empati pada mahasiswa Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Raden Fatah Palembang setelah diterapkannya strategi komunikasi persuasif baik pada aspek (a)ikut merasakan, (b)dibangun atas dasar kesadaran diri, (c)peka terhadap bahasa isyarat, (d)mengambil peran (e)kontrol emosi.

Article Details

How to Cite
PENINGKATAN EMPATI MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG. (2021). Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 5(1), 1-12. https://doi.org/10.19109/jkpi.v5i1.9013
Section
Articles

How to Cite

PENINGKATAN EMPATI MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG. (2021). Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 5(1), 1-12. https://doi.org/10.19109/jkpi.v5i1.9013

Most read articles by the same author(s)