PENINGKATAN MINAT BERSEDEKAH PADA MASYARAKAT SUKAJAYA KOTA PALEMBANG MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KOMUNITAS JUM’AT SEDEKAH INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Sedekah sangat penting dilakukan untuk dapat membantu orang-orang yang membutuhkan. Minat bersedekah sangat penting agar manusia mendapatkan ganjaran yang luar biasa oleh Allah swt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif komunitas Jum’at Sedekah Indonesia dalam meningkatkan minat bersedekah masyarakat Sukajaya Kota Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Sukajaya Kota Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan Model Miles & Huberman, yakni dengan tiga tahap: reduksi data, penyajian data serta penarikan dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat bahwa Strategi komunikasi persuasif Komunitas Jum’at Sedekah Indonesia dalam meningkatkan minat bersedekah pada masyarakat Sukajaya Kota Palembang dengan melakukan (1) Publikasi kegiatan sedekah dan memberikan informasi hadits tentang keutamaan bersedekah, (2) Diskusi atau obrolan santai dengan masyarakat untuk mengetahui kadar berpikir dan pengetahuan masyarakat tentang sedekah agar pesan komunikasi persuasif yang dilakukan dapat diterima dengan baik dan (3) Rapat, menyiapkan target, metode dan media yang digunakan serta menyiapkan amunisi dalam menyampaikan pesan komunikasi persuasif pada masyarakat. Setelah strategi komunikasi persuasif diberikan minat bersedekah masyarakat Sukajaya Kota Palembang meningkat. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan minat bersedekah yang meliputi: senang saat bersedekah, rasa ingin tahu yang tinggi, sukarela saat bersedekah dan bersemangat saat bersedekah.
Article Details
How to Cite
PENINGKATAN MINAT BERSEDEKAH PADA MASYARAKAT SUKAJAYA KOTA PALEMBANG MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KOMUNITAS JUM’AT SEDEKAH INDONESIA. (2021). Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 5(1), 64-75. https://doi.org/10.19109/jkpi.v5i1.9027
Section
Articles
How to Cite
PENINGKATAN MINAT BERSEDEKAH PADA MASYARAKAT SUKAJAYA KOTA PALEMBANG MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KOMUNITAS JUM’AT SEDEKAH INDONESIA. (2021). Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 5(1), 64-75. https://doi.org/10.19109/jkpi.v5i1.9027