PELUANG DAN TANTANGAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (KAJIAN PSKOLINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
PELUANG DAN TANTANGAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (KAJIAN PSKOLINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
DOI:
https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922Abstract
Bahasa kedua sering dibedakan dengan istilah bahasa asing. Alasan utamanya adalah bahasa asing cendrung jarang digunakan dalam keseharian pembelajar, tidak seperti bahasa kedua yang tentunya akan digunakan pembelajar dalam kesehariannya. Bahasa kedua untuk pembelajar Indonesia adalah bahasa Indonesia, sedangkan bahasa asing yang digelutinya diantaranya adalah bahasa Arab. Permasalahan muncul ketika bahasa asing juga digunakan dalam keseharian Pembelajar seperti di beberapa sekolah yang memiliki system boarding school. Sekolah ini biasanya akan membuat sebuah wadah yang akan memfasilitasi Pembelajar bahasa agar bisa menggunakan bahasa yang mereka pelajari ke dalam bahasa kesehariannya. Jika dilihat dari fenomena tersebut maka sebenarnya sekolah tersebut sedang membuat suasana pembelajaran bahasa asing agar bisa memiliki sebuah proses layaknya proses pemerolehan bahasa. Sebagaimana proses pemerolehan bahasa pertama, pemerolehan bahasa kedua juga dipelopori dengan kemampuan menyimak. Hal ini tentunya didasari oleh fitrah manusia yang lebih dahulu memiliki kemampuan tersebut dibanding kemampuan berbahasa lainya seperti berbicara, membaca dan menulis. Usaha pemerolehan bahasa kedua ini tentu saja akan memiliki peluang yaitu adanya lingkungan bahasa buatan bisa mengoptimalkan pemerolehan bahasa. Sedangkan tantanganya adalah adanya perbedaan bentuk dan penggunaan bahasa arab dibandingkan dengan bahasa Indonesia, sehingga pembelajar akan cendrung melakukan tiga kesalahan yaitu kesalahan interlanguage, intralanguage, dan kesalahan pada content kalimat. Kata kunci: Pemerolehan Bahasa Arab, Kesalahan berbahasaReferences
Ainin, M. (2010). Analisa Bahasa Pembelajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing. Malang: Misykat.
Anshari, M. (n.d.). Akuisisi bahasa arab pada tataran gramatika dan rasa bahasa bagi pembelajar non arab.
Chaer, A. (2009). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Faiqoh, M. D. (2014). Pemerolehan Fonologi Bahasa Arab Anak Usia 12 tahun DI MTs Islam Ngruki Sukoharjo. CMES, VII.
Ghazali, A. S. (2013). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua. Malang: Bayu Media Publishing.
Hasanah, M. (2010). Proses Manusia Berbahasa. malang: UIN Press.
huda, nafiul. (2017). model pemerolehan bahasa arab sebagai bahsaa asing pada peserta didik non native speaker. Nidhomul Haq, 2, 95–105.
Rizqi, M. R. (2016). Peran Bi’ah Lughowiyyah dalam meningkatkan pemerolehan bahasa arab. Alfazuna, 1(1), 129.
Thonthowi, T. (2015). Bi’Ah Arabiyah Dan Pemerolehan Bahasa. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 2(2), 30–43. https://doi.org/10.18860/ling.v2i2.565
Zaini, H. (2013). Bahasa Arab Khas Gontor. Yogyakarta: Bunyan.
Anshari, M. (n.d.). Akuisisi bahasa arab pada tataran gramatika dan rasa bahasa bagi pembelajar non arab.
Chaer, A. (2009). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Faiqoh, M. D. (2014). Pemerolehan Fonologi Bahasa Arab Anak Usia 12 tahun DI MTs Islam Ngruki Sukoharjo. CMES, VII.
Ghazali, A. S. (2013). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua. Malang: Bayu Media Publishing.
Hasanah, M. (2010). Proses Manusia Berbahasa. malang: UIN Press.
huda, nafiul. (2017). model pemerolehan bahasa arab sebagai bahsaa asing pada peserta didik non native speaker. Nidhomul Haq, 2, 95–105.
Rizqi, M. R. (2016). Peran Bi’ah Lughowiyyah dalam meningkatkan pemerolehan bahasa arab. Alfazuna, 1(1), 129.
Thonthowi, T. (2015). Bi’Ah Arabiyah Dan Pemerolehan Bahasa. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 2(2), 30–43. https://doi.org/10.18860/ling.v2i2.565
Zaini, H. (2013). Bahasa Arab Khas Gontor. Yogyakarta: Bunyan.
Downloads
Published
14-01-2020
Issue
Section
Artikel
License
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
PELUANG DAN TANTANGAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (KAJIAN PSKOLINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB): PELUANG DAN TANTANGAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (KAJIAN PSKOLINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB). (2020). Taqdir, 5(2), 65-76. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922