Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Penguasaan Huruf Mudhoro’ah Fi’il Mudhori Melalui Google Classroom
DOI:
https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6279Abstract
Abstrac This research was conducted during the COVID-19 pandemic so that it was done online through Google Classroom application. The background of this research is the lack of the student’s ability to mastery modhoro’ah fi’il mudhori letters and the deficiency of method using in the learning activities so that the student tends to feel bored. The object of this research is the 2nd-grade student of MTs Al-Musyawarah Lembang. This research used a quasi-experiment method with a nonequivalent control group design. The results of the data analysis are: (1) The pre-test average value of the experiment class is 54.7, while the control class is 66.7. (2) After the treatment, the post-test average mark of the experiment test is 77.3, while the control class is 70. (3) The result of the N-Gain Score test after the use of the singing method on the experiment class is 50.5% that is categorized as Average, while the control class is 5.5% categorized as Low. This research concludes that the use of the singing method is quite a success to improve the ability of students to master the mudhoro’ah fi’il mudhori letters. Keywords: Mudhoro’ah Fi’il Mudhori Letters, Singing Method, Mastery.References
Al - Farisi, Z. (2016). Pedoman Penerjemah Arab Indonesia. Bandung: PT Remaja.
Ali, M. (2009). Bahasa Arab Al-Qur’an. Bandung: Habibah Press Rosdakarya.
Bagas, D. & Rina. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model
Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu Universitas Negeri Surabaya, Vol 02 No. 01 hlm.60
Deporter & Moh.Hernacki. (2015). Quantum Learninng: Membiasakan Belajar Nyaman
dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning
Erniwati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Clasroom Terhadap Kualitas
Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tanggerang Selatan. (Skripsi) UIN Syarif Hidayaullah Jakarta.
Fachrudin, W dan Imatuzzahiro. (2017). Metode Bernyanyi Arab Dengan Menggunakan
Media Eraser Walk Dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab. Al-Ghazwah: Jurnal Fakultas Agama Islam Vol.1 No.2 . http://jurnal. yudharta.ac.id/v2/index.php/al-ghazwah
Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Fitria, L. (2017). Pembelajaran Materi Fi’il Mudhari’ Di Kelas VII MTs Dengan Lagu Ampar-
Ampar Pisang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA), Malang. 308-323 prosiding.arab-um.com
Hamzah & Nurdin (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus.
Universitas Negeri Semarang
Hidayat, S. (2010). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta:
Universitas Terbuka
Inten, dkk. (2016). Literasi Dini Melalui Teknik Bernyanyi. Al Murabbi, Vol 3, No.1, ISSN
2406-775X
Iqbal, M. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Tajwid Di Rumah
Qur’an An-nur Banjarmasin. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1, No. 2, Hal.124-139
Keputusan Menteri Agama RI Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI
Dan Bahasa Arab Pada Madrasah
Latif, M. (2014). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kenvana
Prenada Media Group
Maydawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta:
Kencana
Ni’mah, K. (2017). Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan
Kosa-Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora Vol 4 No 2, 173-187 .
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/659
Nirfayanti & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam
Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. Volume 2 Nomor 1, 50-59.
Nurwahdi. (2016). Partikel Penegas (Nun Taukit) Pada Fi’il Mudhari’ Dan Maknanya
Dalam Al-Qur’an. Dosen Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang : Jurnal Ulunnuha Vol.6 No.2.
Pekerti, W. dkk. (2015). Metode Pengembangan Seni. Tanggerang Selatan: Universitas
Terbuka
Sabran & Edy. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran.
Prosiding Seminar Nasional Peneitian Universitas Negeri Makassar. ISBN : 978-602-5554-71-1
Soni, dkk. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media
Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol.2 No.1, ISSN : 2550-0198
Sutikno. (2014). Pemimpin dan Kepemimpin: Tips Praktis untuk Menjadi Pemimpin yang
diidolakan. Lombok; Holistica Lombok
الركابي, جورت. (٢٠١٤). طرق تدريس اللغة العربية. دمشق. دارالفكر المعاصر
حسني, محمود. (١٩٩٧). جميع الحقوق مجفوظة للنّاثه. بيروت: مؤسسة الرسالة
عبد الغني, أيمن. (٢٠١١). الكافي في شرح الأجرومية. القهرة: دار التوفيقية للتراث
Ali, M. (2009). Bahasa Arab Al-Qur’an. Bandung: Habibah Press Rosdakarya.
Bagas, D. & Rina. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model
Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu Universitas Negeri Surabaya, Vol 02 No. 01 hlm.60
Deporter & Moh.Hernacki. (2015). Quantum Learninng: Membiasakan Belajar Nyaman
dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning
Erniwati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Clasroom Terhadap Kualitas
Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tanggerang Selatan. (Skripsi) UIN Syarif Hidayaullah Jakarta.
Fachrudin, W dan Imatuzzahiro. (2017). Metode Bernyanyi Arab Dengan Menggunakan
Media Eraser Walk Dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab. Al-Ghazwah: Jurnal Fakultas Agama Islam Vol.1 No.2 . http://jurnal. yudharta.ac.id/v2/index.php/al-ghazwah
Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Fitria, L. (2017). Pembelajaran Materi Fi’il Mudhari’ Di Kelas VII MTs Dengan Lagu Ampar-
Ampar Pisang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA), Malang. 308-323 prosiding.arab-um.com
Hamzah & Nurdin (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus.
Universitas Negeri Semarang
Hidayat, S. (2010). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta:
Universitas Terbuka
Inten, dkk. (2016). Literasi Dini Melalui Teknik Bernyanyi. Al Murabbi, Vol 3, No.1, ISSN
2406-775X
Iqbal, M. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Tajwid Di Rumah
Qur’an An-nur Banjarmasin. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1, No. 2, Hal.124-139
Keputusan Menteri Agama RI Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI
Dan Bahasa Arab Pada Madrasah
Latif, M. (2014). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kenvana
Prenada Media Group
Maydawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta:
Kencana
Ni’mah, K. (2017). Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan
Kosa-Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora Vol 4 No 2, 173-187 .
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/659
Nirfayanti & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam
Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. Volume 2 Nomor 1, 50-59.
Nurwahdi. (2016). Partikel Penegas (Nun Taukit) Pada Fi’il Mudhari’ Dan Maknanya
Dalam Al-Qur’an. Dosen Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang : Jurnal Ulunnuha Vol.6 No.2.
Pekerti, W. dkk. (2015). Metode Pengembangan Seni. Tanggerang Selatan: Universitas
Terbuka
Sabran & Edy. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran.
Prosiding Seminar Nasional Peneitian Universitas Negeri Makassar. ISBN : 978-602-5554-71-1
Soni, dkk. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media
Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol.2 No.1, ISSN : 2550-0198
Sutikno. (2014). Pemimpin dan Kepemimpin: Tips Praktis untuk Menjadi Pemimpin yang
diidolakan. Lombok; Holistica Lombok
الركابي, جورت. (٢٠١٤). طرق تدريس اللغة العربية. دمشق. دارالفكر المعاصر
حسني, محمود. (١٩٩٧). جميع الحقوق مجفوظة للنّاثه. بيروت: مؤسسة الرسالة
عبد الغني, أيمن. (٢٠١١). الكافي في شرح الأجرومية. القهرة: دار التوفيقية للتراث
Downloads
Published
15-01-2021
Issue
Section
Artikel
License
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Penguasaan Huruf Mudhoro’ah Fi’il Mudhori Melalui Google Classroom. (2021). Taqdir, 6(2), 135-145. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6279