Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)
DOI:
https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6428Abstract
Learning Arabic has extraordinary challenges especially now the world is facing the Corona virus pandemic (Covid-19). All learning including Arabic, turns into learning from home or online. At first, this policy was greeted with great joy by educators and students. However, in reality this policy causes confusion and challenges how to keep learning running optimally. This research uses library research method by collecting various data sources from journal articles, seminars, and various other sources relevant to the research topic. Data collection by searching, exploring, assessing data sources, and studying the existing problems, then processed with descriptive content analysis techniques. This study aims to provide an overview of how to optimize Arabic language learning in the New Habit Adaptation (AKB) era by making various adjustments to the learning components. The results of this study are a new strategy design and redesign of several learning components, are adjustment of curriculum, adjustment of learning material, adjustment of learning models and methods, adjustment of learning media, adjustment of the role of the three center curriculum, and adjustment of the assessment or evaluation of learning outcomes for language learning. So, Arabic in the era of New Habit Adaptation (AKB) can run optimally.References
Al-Fauzan, A. I, dkk.. (2005). Al-`Arabiyyah Baina Yadaik. Jilid 1; Riyadh: Maktabah al-Malik Fadh al-Wathabiyyah.
American Haritage Dictionary, diakses dari laman https://ahdictionary.com/word/search.html?q=learning pada tanggal 12 Agustus 2020 pukul 08:52 WIB.
Asrori, I. (2014). Strategi Belajar Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Atiqoh, F. (2018). “Teknik Maudhu` Usbu`iy Sebagai Alternatif untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Reseptif dan Produktif Bahasa Arab”. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa II Universitas Negeri Malang, 197-212.
Atsani, L. G. M. Z. (2020). “Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19”. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(02), 44-54.
Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan, KBBI Daring, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016), diakses dari laman https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/PEMBELAJARAN pada tanggal 12 Agustus 2020, pukul 08:34 WIB.
Bahauddin, U. (2017). Rekonstruksi Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab. Sidoarjo: Lisan Arabi.
Batubara, H. H dkk. (2015). “Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona”. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(02), 74-84.
Burhanudin, U dkk. (2020). “Membangkitkan Potensi Fitrah Belajar pada Masa Wabah Covid-19 Melalui Pembentukan Midset Driver”. Digilib UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Gani, B. A. (2020). Adaptasi Kurikulum Satuan Pendidikan dan Pembelajaran Era New Normal. Materi dipresentasikan pada Seminar Nasional Online Tentang Normal Baru: Menyenangkan dalam Belajar dan Mengajar. Prodi PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo, 09 Juli.
Hasanah, A dkk, (2020). “Analisi Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19”. Digilib UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hidayatullah, A. (2020). Pengelolaan Pembelajaran pada Masa Pandemi. Materi dipresentasikan pada Seminar Online Tentang Kurikulum Baru PAI-Bahasa Arab Madrasah: Antara Revolusi Pembelajaran dan Tantangan Era New Normal. Jurnal Lughotuna, 29 Juni.
Kementerian Agama RI. (2020). Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam No 2791 Tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah. Jakarta: Direktoran Jendral Pendidikan Islam.
Kementerian Agama RI. (2019). Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Jakarta: Direktoran Jendral Pendidikan Islam.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Sekretariat Negara.
Kustandi, C dan Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mahayani, L. A. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Dipresentasikan pada Pelatihan Daring Bahasa Arab Tentang Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah/Madrasah Menyongsong New Normal Life. Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab, 22-25 Juni. Online.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri dalam Negeri. (2020). Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Merriam Webster Dictionary, diakses dari laman https://www.merriam-webster.com/dictionary/learning pada tanggal 12 Agustus 2020 pukul 08:49 WIB.
Muhajir. (2020). Rekayasa Kurikulum Bahasa Arab di Musim Pandemi. Materi dipresentasikan pada Seminar Online Tentang Desain Pembelajaran Bahasa Arab di Era New Normal. Jurnal Lughotuna, 16 Juni.
Muhdi dan Nurkolis. (2020). “Keefektifan Kebijakan e-Learning Berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19”. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 212-228.
Mustofa, B dan Abdul, H. (2012). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.
Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Nurhidayati. (2019). “Media Power Point dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran”. Prosiding Konasbara V Universitas Negeri Malang, 463-470.
Primanigtyas, M dan Cahya E. S. (2019). “Urgensi Pendidikan Islam di Era Revolusis Industri 4.0”. Jurnal Saliha. 2(02), 49-66.
Rani, S. (2017). “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Jurnal At-Ta`dib, 9(02), 163-177.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suyitno. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi di Madrasah. Materi dipresentasikan pada Seminar Nasional Online Tentang Normal Baru: Menyenangkan dalam Belajar dan Mengajar. Prodi PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo, 09 Juli.
Syafaah,D. (2019). “Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab pada Prodi Bahasa Arab dan Sastra Arab IAIN Tulungagung dalam Menghadapo Tantangan Era Industri 4.0”, Prosiding Konasbara V Universitas Negeri Malang, 576-584.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Sekretariat Negara.
American Haritage Dictionary, diakses dari laman https://ahdictionary.com/word/search.html?q=learning pada tanggal 12 Agustus 2020 pukul 08:52 WIB.
Asrori, I. (2014). Strategi Belajar Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Atiqoh, F. (2018). “Teknik Maudhu` Usbu`iy Sebagai Alternatif untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Reseptif dan Produktif Bahasa Arab”. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa II Universitas Negeri Malang, 197-212.
Atsani, L. G. M. Z. (2020). “Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19”. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(02), 44-54.
Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan, KBBI Daring, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016), diakses dari laman https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/PEMBELAJARAN pada tanggal 12 Agustus 2020, pukul 08:34 WIB.
Bahauddin, U. (2017). Rekonstruksi Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab. Sidoarjo: Lisan Arabi.
Batubara, H. H dkk. (2015). “Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona”. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(02), 74-84.
Burhanudin, U dkk. (2020). “Membangkitkan Potensi Fitrah Belajar pada Masa Wabah Covid-19 Melalui Pembentukan Midset Driver”. Digilib UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Gani, B. A. (2020). Adaptasi Kurikulum Satuan Pendidikan dan Pembelajaran Era New Normal. Materi dipresentasikan pada Seminar Nasional Online Tentang Normal Baru: Menyenangkan dalam Belajar dan Mengajar. Prodi PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo, 09 Juli.
Hasanah, A dkk, (2020). “Analisi Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19”. Digilib UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hidayatullah, A. (2020). Pengelolaan Pembelajaran pada Masa Pandemi. Materi dipresentasikan pada Seminar Online Tentang Kurikulum Baru PAI-Bahasa Arab Madrasah: Antara Revolusi Pembelajaran dan Tantangan Era New Normal. Jurnal Lughotuna, 29 Juni.
Kementerian Agama RI. (2020). Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam No 2791 Tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah. Jakarta: Direktoran Jendral Pendidikan Islam.
Kementerian Agama RI. (2019). Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Jakarta: Direktoran Jendral Pendidikan Islam.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Sekretariat Negara.
Kustandi, C dan Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mahayani, L. A. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Dipresentasikan pada Pelatihan Daring Bahasa Arab Tentang Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah/Madrasah Menyongsong New Normal Life. Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab, 22-25 Juni. Online.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri dalam Negeri. (2020). Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Merriam Webster Dictionary, diakses dari laman https://www.merriam-webster.com/dictionary/learning pada tanggal 12 Agustus 2020 pukul 08:49 WIB.
Muhajir. (2020). Rekayasa Kurikulum Bahasa Arab di Musim Pandemi. Materi dipresentasikan pada Seminar Online Tentang Desain Pembelajaran Bahasa Arab di Era New Normal. Jurnal Lughotuna, 16 Juni.
Muhdi dan Nurkolis. (2020). “Keefektifan Kebijakan e-Learning Berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19”. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 212-228.
Mustofa, B dan Abdul, H. (2012). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.
Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Nurhidayati. (2019). “Media Power Point dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran”. Prosiding Konasbara V Universitas Negeri Malang, 463-470.
Primanigtyas, M dan Cahya E. S. (2019). “Urgensi Pendidikan Islam di Era Revolusis Industri 4.0”. Jurnal Saliha. 2(02), 49-66.
Rani, S. (2017). “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Jurnal At-Ta`dib, 9(02), 163-177.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suyitno. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi di Madrasah. Materi dipresentasikan pada Seminar Nasional Online Tentang Normal Baru: Menyenangkan dalam Belajar dan Mengajar. Prodi PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo, 09 Juli.
Syafaah,D. (2019). “Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab pada Prodi Bahasa Arab dan Sastra Arab IAIN Tulungagung dalam Menghadapo Tantangan Era Industri 4.0”, Prosiding Konasbara V Universitas Negeri Malang, 576-584.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Sekretariat Negara.
Downloads
Published
15-01-2021
Issue
Section
Artikel
License
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). (2021). Taqdir, 6(2), 95-116. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6428