MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA KONSEP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menghasilkan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada konsep factor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang valid berdasarkan para ahli dan mengetahui respon peserta didik berdasarkan media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Validasi materi terdiri dari 2 orang dan validasi media 1 orang. Subjek penelitian yaitu 6 orang peserta didik pada uji coba skala kecil dan 30 orang peserta didik pada skala menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid dengan hasil validasi ahli materi 1 dengan rerata skor 5 kriteria sangat baik, ahli materi 2 dengan rerata skor 4,84 kriteria sangat baik, dan hasil validasi dari ahli media dengan rerata skor 4,53 kriteria sangat baik. Hasil angket respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan menunjukan respon positif dengan hasil presentase pada skala kecil sebesar 87,08% dengan kriteria sangat setuju dan hasil presentase skala menengah sebesar 89,5% dengan kriteria sangat setuju.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
01-02-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA KONSEP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 9, 2 (Feb. 2023), 19–24.