Analisis Materi Ajar Kimia SMA/MA Kelas XI Pada Konsep Senyawa Hidrokarbon

Main Article Content

Sandy Yudha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa label konsep dan kesesuaian materi ajar terhadap kurikulum 2013 pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Waktu Pengumpulan data dimulai dari September 2021. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah Tabel Analisis Konsep yang disesuaikan dengan KD pada Silabus kurikulum 2013. Teknis analisis data yang dilakukan ialah bengan mengobservasi buku ajar yang akan digunakan pada K13. Terdapat dua buku yang akan dianalisis pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan diantara 42 jenis label konsep yang ada di pada materi hidrokarbon, terdapat 37 jenis label konsep yang ada di buku A, 31 jenis label konsep yang ada di buku B, 26 jenis label konsep yang sama dimiliki oleh buku A dan B, 11 jenis label konsep yang hanya ditemukan pada buku A, serta 5 jenis label konsep yang hanya terdapat di buku B.

Article Details

How to Cite
[1]
2023. Analisis Materi Ajar Kimia SMA/MA Kelas XI Pada Konsep Senyawa Hidrokarbon. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 12, 1 (Jun. 2023), 14–20.
Section
Articles

How to Cite

[1]
2023. Analisis Materi Ajar Kimia SMA/MA Kelas XI Pada Konsep Senyawa Hidrokarbon. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 12, 1 (Jun. 2023), 14–20.