Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Pendekatan Berdiferensiasi Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas X 1 SMA Negeri 2 Bandar Lampung.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X 1 SMAN Negeri 2 Bandar Lampung dengan menggunakan pendekatan berdiferensiasi pada materi perubahan ligkungan Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian kelas X 1 SMA Negeri 2 Bandar Lampung sebanyak 37 peserta didik, terdiri dari 29 perempuan dan 8 laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi pada beberapa tahapan meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7% dari 74 menjadi 80 Meningkatnya kategori nilai sangat tinggi sebesar 5% yaitu dari 27 anak menjadi 29 anak. Meningkatnya rata-rata nilai tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan berpusat pada peserta didik dan peserta didik mudah menyerap materi melalui pendekatan berdiferensiasi. bahwa penerapan pendekatan berdiferensiasi dapat membantu meningkatkan berpikir kreatif peserta didik kelas X.1 SMAN 2 Bandar Lampung. Penerapan pendekatan berdiferensiasi dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X.1 SMAN 2 Bandar Lampung. Peningkatan nilai rat-rata pada siklus II kategori nilai tinggi peserta didik meningkat sebesar 5% yaitu dari 27 peserta didik menjadi 29 peserta didik.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
11-07-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Pendekatan Berdiferensiasi Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas X 1 SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 12, 1 (Jul. 2023), 6–13.