NURCHOLISH MADJID: PELETAK DINAMIKA PEMBAHARUAN PEMIKIRAN ISLAM DI INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan membahas konsep pembaharuan pemikiran Islam menurut Nurcholish Madjid. Metode penelitian ini bersifat kualitatif melalui studi pustaka dalam penghimpunan data dan analisis data. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah terdapat tiga tipe pemikiran Islam di Indonesia, yaitu tradisional, modern, dan neo-modernis, ketiga kelompok ini dapat dicirikan setelah melalui sejarah peradaban yang panjang. Sebelum pengelompokan ini, Indonesia mengalami kemerosotan dan ketertinggalan dalam berbagai hal terutama pemikiran keislaman, hal ini terjadi karena fanatik mazhab, tradisi taklid dan jumud, pemahaman parsial, dan keterbelakangan pendidikan. Fenomena ini sekaligus menjadi latar belakang perombakan yang dilakukan Nurcholish Madjid. Ia menawarkan dan menyiapkan berbagai gagasan dan ide sebagai solusi dari kevakuman umat Islam, ide tersebut bertumpu pada tiga tema yaitu keislaman, kemodernan, dan keindonesiaan. Tiga hal ini akan membalut pemahaman tanpa pertentangan demi menuju peradaban yang lebih maju dan berkembang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep dasar pembaharuan Nurcholish Madjid ialah anjuran atau ajakan kepada khalayak muslim untuk melihat makna yang luas dalam ajaran Islam. Ajaran Islam hadir sebagai petunjuk sepanjang zaman kehidupan manusia, dan tidak mungkin ada hal yang terlewat dan terlupakan dalam memandu manusia pada tujuan abadi. Dengan demikian dibutuhkan kajian yang meluas, menyeluruh untuk mencapai makna substansial sumber Islam pada setiap aspeknya.
Penelitian ini bertujuan membahas konsep pembaharuan pemikiran Islam menurut Nurcholish Madjid. Metode penelitian ini bersifat kualitatif melalui studi pustaka dalam penghimpunan data dan analisis data. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah terdapat tiga tipe pemikiran Islam di Indonesia, yaitu tradisional, modern, dan neo-modernis, ketiga kelompok ini dapat dicirikan setelah melalui sejarah peradaban yang panjang. Sebelum pengelompokan ini, Indonesia mengalami kemerosotan dan ketertinggalan dalam berbagai hal terutama pemikiran keislaman, hal ini terjadi karena fanatik mazhab, tradisi taklid dan jumud, pemahaman parsial, dan keterbelakangan pendidikan. Fenomena ini sekaligus menjadi latar belakang perombakan yang dilakukan Nurcholish Madjid. Ia menawarkan dan menyiapkan berbagai gagasan dan ide sebagai solusi dari kevakuman umat Islam, ide tersebut bertumpu pada tiga tema yaitu keislaman, kemodernan, dan keindonesiaan. Tiga hal ini akan membalut pemahaman tanpa pertentangan demi menuju peradaban yang lebih maju dan berkembang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep dasar pembaharuan Nurcholish Madjid ialah anjuran atau ajakan kepada khalayak muslim untuk melihat makna yang luas dalam ajaran Islam. Ajaran Islam hadir sebagai petunjuk sepanjang zaman kehidupan manusia, dan tidak mungkin ada hal yang terlewat dan terlupakan dalam memandu manusia pada tujuan abadi. Dengan demikian dibutuhkan kajian yang meluas, menyeluruh untuk mencapai makna substansial sumber Islam pada setiap aspeknya.
Article Details
How to Cite
1.
NURCHOLISH MADJID: PELETAK DINAMIKA PEMBAHARUAN PEMIKIRAN ISLAM DI INDONESIA. almisykah [Internet]. 2022 Jun. 30 [cited 2024 Sep. 16];3(1):22-44. Available from: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/almisykah/article/view/13007
Section
Articles
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
1.
NURCHOLISH MADJID: PELETAK DINAMIKA PEMBAHARUAN PEMIKIRAN ISLAM DI INDONESIA. almisykah [Internet]. 2022 Jun. 30 [cited 2024 Sep. 16];3(1):22-44. Available from: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/almisykah/article/view/13007
References
Alhidayatillah, N. (2018). Pembaharuan Pemikiran dalam Islam. Jurnal An-Nida', 88.
Ali, A. M., Abdurrahman, A., Daya, B., & Djam'annuri, D. (1993). Agama dan Masyarakat. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press.
Amien, M. M. (1983). Epietmologi Islam . Jakarta : UI Press.
Azra, A. (1996). Pergolakan Politik Islam dari Fundamentalisme, Modernisme Hingga Post-Modernisme . Jakarta: Paramadina.
Baharuddin, B. (2009). Tipologi Pemikiran Keislaman di Indoensia Abad XXI. Jurnal Miqot, 112.
Dagun, S. M. (1997). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan . Jakarta : Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).
Darmalaksana, W. (2020). Cara Membuat Proposal Penelitian . Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, W. (2020). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-8.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung.
Daya, B. (1990). Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Fauzi, I. A. (1998). Jalan Baru Islam: Memetakah Paradigma Mutakhir Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.
Ghufron, F. (2016). Dinamika Pemikiran Islam Indonesia dalam Perspektif Epistemologi Fiqh dan Kontribusinya bagi Peneguhan Semangat Kebangsaan dan Keindonesiaan. Jurnal Empirisma, 83-99.
Handriyanto, B. (2007). 50 Tokoh Islam Liberal Indonesia. Jakarta : Hujjah Perss.
Husaini, A. (2005). Nurcholish Madjid: Kontroversi Kematian dan Pemikirannya. Jakarta: Khairul Bayan Press.
Ibrahim, I. (2016). Pemikiran Islam Kontemporer: Studi Kritis dalam Pemikiran Harun Nasution. Jurnal Aqidah, 100.
Jaelani, A. Q. (1994). Menelusuri Kekeliruan Pembaruan Pemikiran Islam Nurcholish Madjid . Bandung : Yadia.
Janah, N. (2017). Nurcholis Madjid dan Pemikirannya: Di antara Kontribusi dan Kontroversi. Jurnal Cakrawala, 44.
Kartanegara, M. (2002). Panorama Filsafat Islam. Bandung : Mizan.
Kuzman, C. (2003). Wacana Islam Liberal, Pemikiran Islam Kontemporer tentang Isu-isu Global. Jakarta: Paramadina.
Madjid, N. (1984). Khazanah Intelektual Islam . Jakarta : Bulan Bintang .
Madjid, N. (1988). Keharusan Pemabaharuan Pemikiran Islam dan Masalah Integrasi Umat. Bandung: Mizan.
Madjid, N. (1990). Pengantar Studi Islam . Jakarta : Paramadina.
Madjid, N. (1998). Dialog Keterbukaan, Aktualisasi Nilai-nilai Islam dalam Wacana Sosial Politik Kontemporer. Jakarta: Paramadina.
Madjid, N. (2000). Islam, Doktrin, dan Peradaban: Sebuah Tela'ah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaa, dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina.
Mudzakir. (2019). Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Nurcholis Madjid . Jurnal Madani , 57.
Muhammedi, M. (2017). Pemikiran Sosial Keislaman Nurcholish Madjid (Cak Nur). Jurnal Tarbiyah, 359.
Musyrifin, Z. (2016). Pemikiran Nurcholish Madjid tentang Pembaharuan Pemikiran Islam. Jurnal Madaniyah, 331-333.
Nafis, M. W. (2014). Cak Nur, Sang Guru Bangsa Biografi Pemikiran Prof. Dr. Nurcholish Madjid. Jakarta : Kompas Media Nusantara.
Naim, N. (2015). Islam dan Pancasila: Rekonstruksi Pemikiran Nurcholis Madjid. Jurnal Episteme, 437.
Nana Darna, E. H. (2018). Memilih Metode Penelitian yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi, 287.
Nasruddin, N. (2017). Sejarah Pemikiran Islam. Jurnal Rihlah, 1.
Nasution, H. (1992). Pembaharuan dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Nasution, H. (1995). Islam Rasional . Bandung : Mizan .
Nata, A. (2005). Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Nihaya, N. (2018). Modernisasi dan Esensi Gerakan: Menelusuri Latar Belakang Pembaruan Islam Nurcholish Madjid. Jurnal Sulesena, 116.
Padmo, S. (2007). Gerakan Pembaharuan Islam Indonesia dari Masa ke Masa: Sebuah Pengantar. Jurnal Humaniora, 151-160.
Rahman, B. M. (1994). Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah. Jakarta: Paramadina.
Rahman, F. (1979). Islam . Chichago: The University of Chichago Press.
Rahman, F. (1985). Isalam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intelektual. Bandung: Pustaka.
Rahman, F. (2001). Gelombang Perubahan dalam Islam Studi tentang Fundamentalisme Islam. Jakarta : Rajawali Press.
Said, B. M. (1984). Mafhum Tajdid al-Din . Kwait: Dar al-Dakwah .
Salam, S. (1985). Muhammadiyyah dan Kebanngunan Islam di Indonesia. Jakarta: CV. Mega.
Sinaulan, R. L. (2016). Pemikiran Hukum Islam dan Epistemologi Teologi Pluralistik. Jurnal Islamica, 18-189.
Susanto, H. (2018). Pembaharuan Pemikiran Islam dan Reelevansinya bagi Pengemangan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Istawa, 60.
Usmani, Y. (1998). Pengantar Studi Pemikiran Dan Gerakan Pembaharuan Dalam Dunia Islam . Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Yasmadi, Y. (2005). Modernisasi Kritik Nurcholish Madjid terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Quantum Teaching.
Zarkasyi, A. F. (2013). Tajdid dan Modernisasi Pemikiran Islam. Jurnal Tsaqafah, 396.
Ali, A. M., Abdurrahman, A., Daya, B., & Djam'annuri, D. (1993). Agama dan Masyarakat. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press.
Amien, M. M. (1983). Epietmologi Islam . Jakarta : UI Press.
Azra, A. (1996). Pergolakan Politik Islam dari Fundamentalisme, Modernisme Hingga Post-Modernisme . Jakarta: Paramadina.
Baharuddin, B. (2009). Tipologi Pemikiran Keislaman di Indoensia Abad XXI. Jurnal Miqot, 112.
Dagun, S. M. (1997). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan . Jakarta : Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).
Darmalaksana, W. (2020). Cara Membuat Proposal Penelitian . Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, W. (2020). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-8.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung.
Daya, B. (1990). Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Fauzi, I. A. (1998). Jalan Baru Islam: Memetakah Paradigma Mutakhir Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.
Ghufron, F. (2016). Dinamika Pemikiran Islam Indonesia dalam Perspektif Epistemologi Fiqh dan Kontribusinya bagi Peneguhan Semangat Kebangsaan dan Keindonesiaan. Jurnal Empirisma, 83-99.
Handriyanto, B. (2007). 50 Tokoh Islam Liberal Indonesia. Jakarta : Hujjah Perss.
Husaini, A. (2005). Nurcholish Madjid: Kontroversi Kematian dan Pemikirannya. Jakarta: Khairul Bayan Press.
Ibrahim, I. (2016). Pemikiran Islam Kontemporer: Studi Kritis dalam Pemikiran Harun Nasution. Jurnal Aqidah, 100.
Jaelani, A. Q. (1994). Menelusuri Kekeliruan Pembaruan Pemikiran Islam Nurcholish Madjid . Bandung : Yadia.
Janah, N. (2017). Nurcholis Madjid dan Pemikirannya: Di antara Kontribusi dan Kontroversi. Jurnal Cakrawala, 44.
Kartanegara, M. (2002). Panorama Filsafat Islam. Bandung : Mizan.
Kuzman, C. (2003). Wacana Islam Liberal, Pemikiran Islam Kontemporer tentang Isu-isu Global. Jakarta: Paramadina.
Madjid, N. (1984). Khazanah Intelektual Islam . Jakarta : Bulan Bintang .
Madjid, N. (1988). Keharusan Pemabaharuan Pemikiran Islam dan Masalah Integrasi Umat. Bandung: Mizan.
Madjid, N. (1990). Pengantar Studi Islam . Jakarta : Paramadina.
Madjid, N. (1998). Dialog Keterbukaan, Aktualisasi Nilai-nilai Islam dalam Wacana Sosial Politik Kontemporer. Jakarta: Paramadina.
Madjid, N. (2000). Islam, Doktrin, dan Peradaban: Sebuah Tela'ah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaa, dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina.
Mudzakir. (2019). Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Nurcholis Madjid . Jurnal Madani , 57.
Muhammedi, M. (2017). Pemikiran Sosial Keislaman Nurcholish Madjid (Cak Nur). Jurnal Tarbiyah, 359.
Musyrifin, Z. (2016). Pemikiran Nurcholish Madjid tentang Pembaharuan Pemikiran Islam. Jurnal Madaniyah, 331-333.
Nafis, M. W. (2014). Cak Nur, Sang Guru Bangsa Biografi Pemikiran Prof. Dr. Nurcholish Madjid. Jakarta : Kompas Media Nusantara.
Naim, N. (2015). Islam dan Pancasila: Rekonstruksi Pemikiran Nurcholis Madjid. Jurnal Episteme, 437.
Nana Darna, E. H. (2018). Memilih Metode Penelitian yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi, 287.
Nasruddin, N. (2017). Sejarah Pemikiran Islam. Jurnal Rihlah, 1.
Nasution, H. (1992). Pembaharuan dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Nasution, H. (1995). Islam Rasional . Bandung : Mizan .
Nata, A. (2005). Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Nihaya, N. (2018). Modernisasi dan Esensi Gerakan: Menelusuri Latar Belakang Pembaruan Islam Nurcholish Madjid. Jurnal Sulesena, 116.
Padmo, S. (2007). Gerakan Pembaharuan Islam Indonesia dari Masa ke Masa: Sebuah Pengantar. Jurnal Humaniora, 151-160.
Rahman, B. M. (1994). Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah. Jakarta: Paramadina.
Rahman, F. (1979). Islam . Chichago: The University of Chichago Press.
Rahman, F. (1985). Isalam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intelektual. Bandung: Pustaka.
Rahman, F. (2001). Gelombang Perubahan dalam Islam Studi tentang Fundamentalisme Islam. Jakarta : Rajawali Press.
Said, B. M. (1984). Mafhum Tajdid al-Din . Kwait: Dar al-Dakwah .
Salam, S. (1985). Muhammadiyyah dan Kebanngunan Islam di Indonesia. Jakarta: CV. Mega.
Sinaulan, R. L. (2016). Pemikiran Hukum Islam dan Epistemologi Teologi Pluralistik. Jurnal Islamica, 18-189.
Susanto, H. (2018). Pembaharuan Pemikiran Islam dan Reelevansinya bagi Pengemangan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Istawa, 60.
Usmani, Y. (1998). Pengantar Studi Pemikiran Dan Gerakan Pembaharuan Dalam Dunia Islam . Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Yasmadi, Y. (2005). Modernisasi Kritik Nurcholish Madjid terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Quantum Teaching.
Zarkasyi, A. F. (2013). Tajdid dan Modernisasi Pemikiran Islam. Jurnal Tsaqafah, 396.