Teori Pendidikan Karakter Prespektif KH. Bisri Mustofa dalam Kitab “Ngudi Susilo” dan Relevansinya dalam Menanggulangi Krisis Moral Bangsa

Main Article Content

Nur Syaid

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami konsep pendidikan karakter pada KH. Mustofa Bisri yang diharapkan mampu menjelaskan lebih lanjut teori pendidikan karakter KH. Mustofa Bisri. Penelitian ini merupakan studi pustaka, sehingga semua informasi yang disajikan diperoleh dengan menelusuri sumber-sumber primer yaitu kitab-kitab atau buku-buku pemikiran KH. Mustofa Bisri, diantaranya “ngudi susilo”, serta beberapa sumber pendukung lainnya. Dengan penelusuran deskriptif analitis dan komparatif ini diharapkan mampu menggali konsep pendidikan karakter KH. Mustofa Bisri. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengertian pendidikan karakter menurut KH. Bisri Mustofa adalah menjaga kerukunan dan persatuan, menjaga nilai-nilai budaya bangsa, dan menjaga lingkungan yang bersih.

Article Details

Section
Articles

References

Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68. https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511

Ahmad Muhlishin. (2014). Nilai Pendidikan Karakter Menurut K.H. Bisri Mustofa (Studi Kitab Ngudi Susila Saka Pitedah Kanthi Terwela). 49.

Amalia Racmawati, Fitri Wahyuni, N. S. (2013). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab. 2(1), 176–196.

Damariswara, R., Wiguna, F. A., Khunaifi, A. A., Zaman, W. I., & Nurwenda, D. D. (2021). Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i1.16057

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pengertian Teori menurut para ahli. 64–65.

Gampang Mulyadi, W. E. (2022). Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Terhadap Pendidikan Akhlak Madrasah Ibtidaiyah. Berajah Journal, 2(4), 771–794.

Hafid, U. D. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3428

Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31. https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915

https://kemenag.go.id/islam/khutbah-jum-at-menjaga-kerukunan-dalam-bermasyarakat-7pjY5. (n.d.).

https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/pengertian-teori-menurut-para-ahli-dan-elemen-penyusunnya-20j49qf7RQ. (n.d.).

https://liwashidqy.blogspot.com/2017/11/pendidikan-karakter.html. (n.d.).

Huda, A. Z. (2005). Mutiara Pesantren Perjalanan Hidmah KB. Bisri Mustofa. PT. LkiS Pelangi Aksara.

Jawa Pos, Kamis 4 Juli. (2024).

Jawa Pos, Radar Kudus, Jum’at 5 Juli. (2024).

Loloagin, G., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona Ditinjau dari Peran Pendidik PAK. Journal on Education, 05(03), 6012–6022.

Mugni, A. (2022). Komunikasi Antar Budaya Prsepektif Al Qur’an: Studi pada Etnik Aceh Dan Batak Di Fakultas Ushuluddin dan Adab Dan Dakwah IAIN Lhokseumawe Muhkamat: Volume 1, No. 1 Januari-Juni 2022. 1(1), 18–35.

Mujib, A. et al. (2003). Intelektualisme Pesantren, Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Keemasan Pesantren,. Diva Pustaka.

Mustafa, MA. (2022). Pendidikaan Karakter Dalam Perspektif Islam. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(2), 64–82. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.13

Mustofa, B. (n.d.). Ngudi Susilo. Menara Kudus.

Nashoha, M. (2003). Konsep Dan Pesan Dakwah KH.Bisri Mustofa,. UIN Syarif Hadayatullah.

Nata, A. (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. PT Raja Grafindo Persada.

Rakhim, N. (2015). Kiai-kiai Karismatik dan Fenomenal,. IRCiSoD,.

Sidik, F. (2020). Pemikiran Bisri Mustofa Tentang Nilai Pendidikan Karakter (Kajian Surat Al-Hujurat Ayat 11-15 Tafsir Al-Ibriz). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 42. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.2980

suaramerdeka.com , 15 Juni. (2024).

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID Jumat, 14 Juli. (2017).

Yusliani, H. (2022). 1900-5051-1-Pb. 1, 721–740. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1900