Pengaruh Program Rumah Belajar Di Desa Tanjung Menang Terhadap Pengembangan Minat Belajar Siswa SD 23 Rambang Niru Pada Pembelajaran Jarak Jauh
Keywords:
Pengembangan Minat Belajar, Rumah BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan minat belajar siswa SD terhadap pelajaran jarak jauh. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini yaitu siswa SD masih belum banyak tertanam minat belajarnya Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa menurun di musim pandemi selain karena alasan fasilitas yang tidak memadai, salah satunya adalah minimnya keterlibatan guru dalam proses KBM. Bertemu hanya melalui layar zoom meeting, google meet, whatsapp atau platform digital lainnya menyebabkan siswa kurang merasakan keterlibatan guru dalam proses KBM yang dijalani. Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa cara kreatif untuk mengatasinya: seperti adanya rumah baca siswa bisa belajar tanpa rasa takut bisa atau tidak bisanya mereka dalam proses belajar tersebut. Konsep belajar menggembirakan sebagaimana digagas oleh Ki Hajar Dewantara menjadi hal yang sulit diwujudkan di musim pandemi. Minat belajar siswa secara umum terdampak dengan diberlakukan sistem belajar daring yang saat ini diterapkan dalam proses belajar mengajar. Kurangnya fasilitas teknis yang mendukung, penguasaan teknologi yang kurang baik serta interaksi transfer pengetahuan yang tidak terjadi secara langsung dapat mengurangi minat belajar peserta didik secara umum. Maka dari itu, penulis mencoba untuk mengembangkan minat blajar mereka dengan adanya rumah baca.Downloads
Published
08-11-2021
Issue
Section
Articles