Optimalisasi Minat Baca Dalam Menumbuh Kembangkan Pengetahuan Anak Di Sdn 12 Bulang Kecamatan Belimbing
Keywords:
Minat baca, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan minat baca dalam menumbuh kembangkan pengetahuan anak di SDN 12 Bulang Kecamatan Belimbing. Penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di SDN 12 Bulang Kecamatan Belimbing dengan informan yaitu kepala sekolah, guru kelas, penanggung jawab perpustakaan sekolah, dan wali murid. Data yang dikumpulkan melalui cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Optimalisasi minat baca dalam menumbuh kembangkan pengetahuan anak di SDN 12 Bulang Kecamatan Belimbing terkonsep pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kemudian diintegrasikan dalam kegiatan pembiasaan dan terprogram,Perpustakaan Sekolah, dan Pojok Baca, yang disesuaikan dengan tingkat pencapaian perkembangan anak dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, diikuti proses evaluasi secara umum. Kendala yang ditemukan meliputi: ketersediaan buku, ketertiban anak-anak dalam meminjam buku, luas ruangan perpustakaan sekolah, ketidaksinkronan antara pengenalan budaya membaca di sekolah dan di rumah, serta mood anak yang selalu berubah. Saran dari penelitian ini agar 2 pendidik meningkatkan atau menambah program-program literasi di sekolah dengan konsep yang lebih matang.
Downloads
Published
08-11-2021
Issue
Section
Articles