Meningkatkan Minat Baca Anak Dengan Memanfaatkan Buku Pelajaran Dan Buku Cerita

Authors

  • Hannisa Putri Hidayat Prodi Ilmu Perpustakaan
  • Masyhur Masyhur Prodi Ilmu Perpustakaan
  • Ummi kalsum Prodi Ilmu Perpustakaan

Keywords:

Minat Baca, Buku, Anak Usia Dini

Abstract

Program pengabdian masyarakat untuk meningkatkan minat baca anak ini atas dasar Kerjasama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dengan Desa Sumber Asri, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan untuk memberikan pengajaran terkait peningkatan kebiasaan membaca untuk lebih mendorong peningkatan kualitas hidup kepada anak usia dini (AUD) yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi dan hasil yang dicapai dalam meningkatkan minat baca anak usia dini melalui metode memanfaatkan buku pelajaran dan buku cerita. Hasil penelitian diperoleh data mengenai : 1) langkahlangkah praktik membaca dalam meningkatkan minat baca anak melalui metode memanfaatkan buku pelajaran dan buku cerita, yaitu: pemilihan tujuan pembelajaran untuk menarik perhatian anak untuk gemar membaca, 2) Proses pelaksanaan dalam mengembangkan kemampuan minat baca anak usia dini melalui metode memanfaatkan buku pelajaran dan buku cerita di kelas, yaitu: pelaksanaan pembelajaran yang dengan RLBR, penataan lingkungan belajar yang sudah sesuai dengan tema dan tujuan pembelajaran minat baca menggunakan metode buku pelajaran dan buku cerita, 3) evaluasi dan penilaian pengembangan minat baca anak adalah sebagai berikut: penulis sudah melakukan penilaian berdasarkan minat belajar, minat membaca, konsentrasi dan kemampuan menyimak, penulis mendokumentasikan proses penilaian dengan cara mengumpulkan, menganalisa, menafsirkan dan mendisplay kejadiankejadian selama proses kegiatan berlangsung, teknik penilaian menggunakan observasi.

Downloads

Published

08-11-2021