Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar Siswa (Karakteristik Pribadi Konselor, Mengikuti Ekstrakurikuler, Praktek dan Diskusi Teman Sebaya)
DOI:
https://doi.org/10.19109/ghaidan.v5i2.10127Abstract
The purpose of this study was to find out how much influence group counseling has on motivation to study at Al-Atiqiyah Cipanengah Sukabumi High School. This study uses quantitative methods with product momentdata analysis techniques, and data collection techniques using closed questionnaires in which there are alternative answers that have been determined by researchers. The sample in the study was 29 teachers, and 30 students. From the results of the analysis of student questionnaire data using the product moment correlation formula obtained Υwork 0.727. After consultation with the critical price table at n 30 with significant levels of 95% 0.361 and 99% 0.463. then from the results of the teacher questionnaire data obtained work 1.32. After being consulted with the critical price table at n 29 with a significant level of 95% 0.367 and 99% 0.470 came to the conclusion that there is an influence of group counseling on the learning motivation of Al-Atiqiyah Cipanengah Sukabumi High School students with a significant high level Υ.References
Anwar, K., & Aminah, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management di SMP Negeri 4 Murung Pudak. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 19-25.
Amaliyah,U (2020) Kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca tinggal kelas smk negeri 5 yogyakarta. Skripsi, UIN-Suka
Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69-84
Jannati, Z., & Hamandia, M. R. (2021). Konseling Kelompok Berbasis Hadits Untuk Mengatasi Emosi Marah Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 3(1), 1-9
Kushendar, K., & Fitri, H. U. (2016). Upaya Konselor untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Korban Bullying Dilihat dari Perspektif Pendekatan Konseling Solution Focused Brief Theraphy. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 2(2), 17-23.
Lintang, a. l. (2020). hubungan antara kepercayaan diri dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas x smk negeri 1 klaten tahun pelajaran 2019/2020 (doctoral dissertation, universitas widya dharma klaten).
Lestari, L., & Izzaty, R. E. (2020). The effectiveness of reinforcement sensitivity theory on student motivation through group counseling services. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 6(1), 29-34.
Leksana, D. M. (2019). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1).
Lestari, L., & Izzaty, R. E. (2020). The effectiveness of reinforcement sensitivity theory on student motivation through group counseling services. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 6(1), 29-34.
Maunah, B. (2014). Peer Review Buku Psikologi Pendidikan.
Pratiwi, N., Zakso, A., & Budjang, G. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Tebas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2).: 1–10.1–10.
Pratiwi, m. D. (2017). Efektifitas Client Centered Therapy Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020). Penilaian Konseling Kelompok. Deepublish.
Setiono, L., Marjohan, M., & Marlina, M. (2019). Implementation of solutions-focused counseling (SFC) to improve student motivation: a single subject research. Journal of ICSAR, 3(1), 8-14
Suharni & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. GCOUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 15.
Tarmizi, T. (2018). Bimbingan konseling islami.Perdana Pubhlishing.
Thahir, A. (2014). Psikologi Belajar Buku Pengantar dalam Memahami Psikologi Belajar.
Amaliyah,U (2020) Kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca tinggal kelas smk negeri 5 yogyakarta. Skripsi, UIN-Suka
Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69-84
Jannati, Z., & Hamandia, M. R. (2021). Konseling Kelompok Berbasis Hadits Untuk Mengatasi Emosi Marah Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 3(1), 1-9
Kushendar, K., & Fitri, H. U. (2016). Upaya Konselor untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Korban Bullying Dilihat dari Perspektif Pendekatan Konseling Solution Focused Brief Theraphy. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 2(2), 17-23.
Lintang, a. l. (2020). hubungan antara kepercayaan diri dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas x smk negeri 1 klaten tahun pelajaran 2019/2020 (doctoral dissertation, universitas widya dharma klaten).
Lestari, L., & Izzaty, R. E. (2020). The effectiveness of reinforcement sensitivity theory on student motivation through group counseling services. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 6(1), 29-34.
Leksana, D. M. (2019). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1).
Lestari, L., & Izzaty, R. E. (2020). The effectiveness of reinforcement sensitivity theory on student motivation through group counseling services. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 6(1), 29-34.
Maunah, B. (2014). Peer Review Buku Psikologi Pendidikan.
Pratiwi, N., Zakso, A., & Budjang, G. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Tebas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2).: 1–10.1–10.
Pratiwi, m. D. (2017). Efektifitas Client Centered Therapy Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020). Penilaian Konseling Kelompok. Deepublish.
Setiono, L., Marjohan, M., & Marlina, M. (2019). Implementation of solutions-focused counseling (SFC) to improve student motivation: a single subject research. Journal of ICSAR, 3(1), 8-14
Suharni & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. GCOUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 15.
Tarmizi, T. (2018). Bimbingan konseling islami.Perdana Pubhlishing.
Thahir, A. (2014). Psikologi Belajar Buku Pengantar dalam Memahami Psikologi Belajar.
Downloads
Published
26-12-2021
Issue
Section
Articles
How to Cite
Haryati, N. S., Isnaini, Z., & Nurhakim, D. (2021). Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar Siswa (Karakteristik Pribadi Konselor, Mengikuti Ekstrakurikuler, Praktek dan Diskusi Teman Sebaya). Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 5(2), 41-47. https://doi.org/10.19109/ghaidan.v5i2.10127