Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.19109/ghaidan.v6i1.17155Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah adalah kemampuan seseorang dalam proses mempengaruhi, membimbing, mendorong,menggerakan dan mengarahkan orang lain dalam hal pembelajaran dan dapat berjalan dengan efektif. Motivasi kerja adalah sesuatu yang menimbulkan semangat atau dorongan kerja. Kinerja guru juga merupakan faktor yang menentukan berkualitas tidaknya suatu lembaga sekolah. Dari penjelasan diatas penulis menulis rumusan masalah sebagai berikut: Apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Darul Ulum Saukadana Lampung Timur? Apakah ada pengaruh Motivasi Kerja Kepala Madrasah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam diMTs Darul Ulum Sukadana Lampung Timur? Apakah terdapat Pengaruh Kepemimpinan dan motivasi kerja kepala madrasah terhadap kerja guru Pendidikan Agama islam di Mts Darul Ulum?, Ditinjau dari jenisnya penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitina kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 10 orang guru, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggukan sampel jenuh yaitu seluruh guru Pendidikan Agama Islam di MTs Darul Ulum sukadana Lampung Timur ? yaitu 10 orang guru. Teknis analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana dana regresis berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama islam di Mts Darul Ulum Sukadana Lampung Timur.sebesar 44,5 % yang artinya kedua variabel berjalan seiring, semakain kondusif kepemimpinan kepala sekolah maka akan semakin baik tingkat kinerja guru. 2) terdapat pengaruh motivasi kerja Kepala Madrasah terhadap kinerja guru Pendidikan agama Islam di Mts Darul Ulum Sukadana Lampung Timur, sebesar 43,8 % , artinya motivasi kerja dapat mempengaruhi aktivitas kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah.untuk mencapai kinerja guru yang maksimal. 3) terdapat pengaruk kepemimpinan kepala Madrasah dan motivasi kerja Kepala madrasah terhadap kinerja guru di Mts Darurul Ulum Sukadana Lampung Timur,sebesar 70,3 %, kedua variabel kepemimpinan kepala Madrasah dan motivasi kerja Kepala Madrasah berjalan seiring dengan kinerja yang artinya semakin baik kepemimpinan kepala Madrasah dan motivasi kerja maka semakin tinggi pula kinerja guru Pendidikan Agama Islam tersebut.Downloads
Published
30-06-2022
Issue
Section
Articles
How to Cite
Edi, S., Subandi, S., & Jannah, S. R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 6(1). https://doi.org/10.19109/ghaidan.v6i1.17155