Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.19109/ghaidan.v7i2.19470Abstract
According to Thompson, a person's inability to regulate emotions does not mean they are experiencing a psychological illness, but this inability is related to their emotional goals, so it can be said that they are unable to regulate their emotions. According to Nuraini (2018) emotional intelligence is a basic requirement for the success of a student who is in class in the learning process and is required to be able to speak in front of the class, because this ability is very useful for students to support the learning process and train students to express opinions in front of the teacher and other friends (Nuraini et al., 2018). The Role Playing technique is a type of service that is considered appropriate to contribute to students improving and developing a positive self-concept. Nuraini (2018) explained that through role playing techniques, students can improve their ability to respect themselves and the feelings of others, they can learn good behavior to handle difficult situations, and they can practice their ability to solve problems.References
Afif, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Packing Produk Minuman PT. Singa Mas Pandaan. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 104. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.11
Astuti, D., Wasidi, & Sinthia, R. (2019). HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU MEMAAFKAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Consilia, 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Firdaus, L.A, Ismanto, H.S, Widiharto, C. . (2020). [Volume 7 Nomor 1, April (2020) Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Regulasi Emosi. BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGEMBANGKAN REGULASI EMOSI, 7, 101–111.
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7740
Hidayati, I., Mulawarman, & Awalya. (2017). Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 6(4), 27–34. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Huwae, A., & Rugebregt, J. M. (2020). Regulasi Emosi sebagai Pembentukan Ketahanan Mental untuk Meningkatkan Mutu Produktivitas Kerja Fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan. Jurnal Penjamin Mutu, 6, 116–123. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1476
Irawan, E. (2013). Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Psikopedagogia, II(1), 44–54.
Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa Sma Di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.43-51
Maruti, E. S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA JAWA MAHASISWA SEMESTER V PRODI PGSD UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.
Mu’arifah, A. (2020). Pengaruh Attachment dan Harga Diri terhadap Regulasi Emosi Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/um001v5i12020p009
Nuraini, Kusuma, F. H. D., & H., W. R. (2018). Hubungan interaksi sosial dengan kesepian pada lansia di kelurahan Tlogomas Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1), 603–611. https://salmandj.uswr.ac.ir/browse.php?a_id=1453&sid=1&slc_lang=en&html=1
Nurmahayati, J., & Mahmudi, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Konsep Diri Terhadap Persepsi Perilaku Seks Pranikah Siswa Kelas X Sman 1 Dagangan Kabupaten Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i2.261
Putri, S. A., & Purwoko, B. (2018). Pengembangan Paket Bimbingan Kelompok Kemampuan Regulasi Emosi Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 51–58.
Rohmah, B. (2022). Pengaruh Regulasi Emosidan Interaksi Sosial Terhadap Harga Diripeserta Didik. Jurnal BK UNESA, 12(6), 1–10.
Rubiani, A., & Sembiring, S. M. (2018). Perbedaan Regulasi Emosi pada Remaja Ditinjau dari Faktor Usia di Sekolah Yayasan Pendidikan Islam Swasta Amir Hamzah Medan. Jurnal Diversita, 4(2), 99. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1593
Sitompul, D. N. (2015). PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE-PLAYINGTERHADAP PERILAKU SOLIDARITAS SISWA DALAM MENOLONG TEMAN DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA T.A 2014/ 2015. Edu Tech, 1.
Sukmaningpraja, A., & Santhoso, F. H. (2018). Peran Regulasi Emosi terhadap Resiliensi pada Siswa Sekolah Berasrama Berbasis Semi Militer. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(3), 184. https://doi.org/10.22146/gamajop.36944
Wahyu, S., Taufik, T., & Ilyas, A. (2012). Konsep Diri dan Masalah yang Dialami Orang Terinfeksi HIV/Aids. Konselor, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.24036/0201212695-0-00
Yohana, C. (2014). The purpose of this study was to find the relationship between self- concept and interpersonal communication on Commerce Education Students of the Faculty of Economics , State University of Jakarta . This study used a survey method with the correlational. HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, XII, 1–13.
Yahdinil. (2015). Jurnal Saintifika Islamica. Pengendalian emosi. Volume 2 No.1 Periode Januari - Juni 2015, 2(1), 53–63.
Yusuf, Putri Maharani dan Ika febrian kristiana (2017) Jurnal Empati. Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial pada siswa sekolah menengah atas. Volume 7 Nomor 3. Agustus 2017. Halaman 98-104.
Astuti, D., Wasidi, & Sinthia, R. (2019). HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU MEMAAFKAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Consilia, 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Firdaus, L.A, Ismanto, H.S, Widiharto, C. . (2020). [Volume 7 Nomor 1, April (2020) Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Regulasi Emosi. BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGEMBANGKAN REGULASI EMOSI, 7, 101–111.
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7740
Hidayati, I., Mulawarman, & Awalya. (2017). Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 6(4), 27–34. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Huwae, A., & Rugebregt, J. M. (2020). Regulasi Emosi sebagai Pembentukan Ketahanan Mental untuk Meningkatkan Mutu Produktivitas Kerja Fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan. Jurnal Penjamin Mutu, 6, 116–123. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1476
Irawan, E. (2013). Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Psikopedagogia, II(1), 44–54.
Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa Sma Di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.43-51
Maruti, E. S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA JAWA MAHASISWA SEMESTER V PRODI PGSD UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.
Mu’arifah, A. (2020). Pengaruh Attachment dan Harga Diri terhadap Regulasi Emosi Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/um001v5i12020p009
Nuraini, Kusuma, F. H. D., & H., W. R. (2018). Hubungan interaksi sosial dengan kesepian pada lansia di kelurahan Tlogomas Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1), 603–611. https://salmandj.uswr.ac.ir/browse.php?a_id=1453&sid=1&slc_lang=en&html=1
Nurmahayati, J., & Mahmudi, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Konsep Diri Terhadap Persepsi Perilaku Seks Pranikah Siswa Kelas X Sman 1 Dagangan Kabupaten Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i2.261
Putri, S. A., & Purwoko, B. (2018). Pengembangan Paket Bimbingan Kelompok Kemampuan Regulasi Emosi Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 51–58.
Rohmah, B. (2022). Pengaruh Regulasi Emosidan Interaksi Sosial Terhadap Harga Diripeserta Didik. Jurnal BK UNESA, 12(6), 1–10.
Rubiani, A., & Sembiring, S. M. (2018). Perbedaan Regulasi Emosi pada Remaja Ditinjau dari Faktor Usia di Sekolah Yayasan Pendidikan Islam Swasta Amir Hamzah Medan. Jurnal Diversita, 4(2), 99. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1593
Sitompul, D. N. (2015). PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE-PLAYINGTERHADAP PERILAKU SOLIDARITAS SISWA DALAM MENOLONG TEMAN DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA T.A 2014/ 2015. Edu Tech, 1.
Sukmaningpraja, A., & Santhoso, F. H. (2018). Peran Regulasi Emosi terhadap Resiliensi pada Siswa Sekolah Berasrama Berbasis Semi Militer. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(3), 184. https://doi.org/10.22146/gamajop.36944
Wahyu, S., Taufik, T., & Ilyas, A. (2012). Konsep Diri dan Masalah yang Dialami Orang Terinfeksi HIV/Aids. Konselor, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.24036/0201212695-0-00
Yohana, C. (2014). The purpose of this study was to find the relationship between self- concept and interpersonal communication on Commerce Education Students of the Faculty of Economics , State University of Jakarta . This study used a survey method with the correlational. HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, XII, 1–13.
Yahdinil. (2015). Jurnal Saintifika Islamica. Pengendalian emosi. Volume 2 No.1 Periode Januari - Juni 2015, 2(1), 53–63.
Yusuf, Putri Maharani dan Ika febrian kristiana (2017) Jurnal Empati. Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial pada siswa sekolah menengah atas. Volume 7 Nomor 3. Agustus 2017. Halaman 98-104.
Downloads
Published
07-10-2023
Issue
Section
Articles
How to Cite
Anggraini, A. A., & Harahap, A. C. P. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 7(2), 155-163. https://doi.org/10.19109/ghaidan.v7i2.19470