Pengaruh Word of Mouth, Personal Selling dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening di BMT Mitra Khazanah Palembang

Main Article Content

M Satria Tirta Yoga
Mismiwati Mismiwati
Citra Pertiwi
Riduwansah Riduwansah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh word of mouth, personal selling dan kepercayaan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening di BMT Mitra Khazanah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan objek penelitian anggota atau nasabah BMT Mitra Khazanah Palembang. Jumlah sampel sebanyak 90 responden. Penarikan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuisioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah uji asumsi klasik, uji analisis jalur dan pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistic Version 15. Hasil  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  secara  parsial  word  of  mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan tingkat sig.0,000.  Personal  selling  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  kepuasan nasabah  dengan  tingkat  sig.  0,000.  Kepercayaan     berpengaruh  positif  dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan tingkat sig. 0,000. Word of mouth berpengaruh  negatif  terhadap  keputusan  menjadi  nasabah  dengan  tingkat  sig.0,943.  Personal selling berpengaruh negatif terhadap keputusan menjadi nasabah dengan tingkat sig. 0,093. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat sig. 0,008. Kepuasan berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi nasabah dengan tingkat sig. 0,000. Adapun kepuasan nasabah secara partial mediation mampu mempengaruhi sebagai variabel intervening antara word of mouth, personal selling dan kepercayaan terhadap keputusan menjadi nasabah.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Word of Mouth, Personal Selling dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening di BMT Mitra Khazanah Palembang”, intelektualita, vol. 11, no. 1, pp. 17–26, Jun. 2022, doi: 10.19109/intelektualita.v11i1.10375.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Word of Mouth, Personal Selling dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening di BMT Mitra Khazanah Palembang”, intelektualita, vol. 11, no. 1, pp. 17–26, Jun. 2022, doi: 10.19109/intelektualita.v11i1.10375.