Pengembangan Modul Berbasis STEM Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika yang berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) terintegrasi nilai Islam untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berfikir kritis pada pokok bahasan getaran dan gelombang. Tahapan pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan R&D Borg and Gall dengan 10 tahapan pengembangan. Modul ini divalidasi oleh 4 (empat) ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli integrasi nilai Islam. Hasil validasi oleh pakar menunjukkan bahwa modul ini sangat layak untuk digunakan pada tahap penelitian berikutnya. Setelah modul dikembangkan, dilakukan uji implementasi modul di salah satu SMA Negeri di Kota Palembang untuk mengukur penguasaan konsep dan keterampilan berfikir kritis siswa. Sampel yang digunakan pada uji implementasi sebanyak 32 peserta dari kelas XI MIA 3. Hasil yang diperoleh untuk tes penguasaan konsep siswa yaitu 0,34 dengan kritera sedang. Hasil yang diperoleh untuk tes kemampuan berfikir kritis yaitu 0,5 dengan kriteria sedang.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengembangan Modul Berbasis STEM Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis”, intelektualita, vol. 10, no. 2, pp. 404–413, Dec. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i2.10454.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengembangan Modul Berbasis STEM Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis”, intelektualita, vol. 10, no. 2, pp. 404–413, Dec. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i2.10454.