Pengembangan Modul Berbasis STEM Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis

Main Article Content

Faizatul Mabruroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika yang berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) terintegrasi nilai Islam untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berfikir kritis pada pokok bahasan getaran dan gelombang. Tahapan pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan R&D Borg and Gall dengan 10 tahapan pengembangan. Modul ini divalidasi oleh 4 (empat) ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli integrasi nilai Islam. Hasil validasi oleh pakar menunjukkan bahwa modul ini sangat layak untuk digunakan pada tahap penelitian berikutnya. Setelah modul dikembangkan, dilakukan uji implementasi modul di salah satu SMA Negeri di Kota Palembang untuk mengukur penguasaan konsep dan keterampilan berfikir kritis siswa. Sampel yang digunakan pada uji implementasi sebanyak 32 peserta dari kelas XI MIA 3. Hasil yang diperoleh untuk tes penguasaan konsep siswa yaitu 0,34 dengan kritera sedang. Hasil yang diperoleh untuk tes kemampuan berfikir kritis yaitu 0,5 dengan kriteria sedang.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengembangan Modul Berbasis STEM Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis”, intelektualita, vol. 10, no. 2, pp. 404–413, Dec. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i2.10454.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengembangan Modul Berbasis STEM Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis”, intelektualita, vol. 10, no. 2, pp. 404–413, Dec. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i2.10454.