Social Entrepreneurship: Model dan Strategi Bertahan Bisnis Gojek di Era Covid-19

Main Article Content

Fita Nurotul Faizah
Zulfaturrohmaniyah Zulfaturrohmaniyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan efektivitas social entrepreneurship sebagai model dan strategi bertahan di era pandemi Covid-19 di PT Gojek Indonesia Cabang Semarang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi lapangan. Hasil penelitian menyatakan bahwa PT Gojek Indonesia Cabang Semarang telah menerapkan konsep kewirausahaan sosial yang terdiri dari: 1) nilai sosial meliputi kemudahan mobilitas masyarakat, penciptaan lapangan kerja, promosi mitra GoFood, pengurangan pengangguran, dan peningkatan kesejahteraan, 2) masyarakat sipil seperti gotong royong dan pelestarian kearifan lokal, 3) inovasi yaitu kerjasama dengan sejumlah kementerian agar mitra pengemudi mendapatkan skema bantuan, program J3K, jaminan kesehatan dan penyuluhan kesehatan melalui notifikasi aplikasi dan 4) kegiatan ekonomi termasuk pendampingan program untuk ODP dan PDP. Selanjutnya, penerapan kewirausahaan sosial di PT Gojek Indonesia Cabang Semarang dinilai efektif. Namun, perlu evaluasi pada harga. Meskipun demikian, dapat disimpulkan bahwa bisnis PT Gojek Indonesia Cabang Semarang tidak hanya berorientasi pada keuntungan tetapi juga berorientasi pada sosial.

Article Details

How to Cite
[1]
“Social Entrepreneurship: Model dan Strategi Bertahan Bisnis Gojek di Era Covid-19”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 9–15, Jan. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.15257.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Social Entrepreneurship: Model dan Strategi Bertahan Bisnis Gojek di Era Covid-19”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 9–15, Jan. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.15257.