Konsep Hierarki Akal Al-Farabi dalam Perspektif Neurosains: Relevansinya dalam Pendidikan Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep hierarki akal Al-Farabi dalam perspektif neurosains agar dapat melihat relevansinya dalam dunia pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode library research. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi atau dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep hierarki akal Al-Farabi dalam perspektif neurosains dapat tergambarkan bahwa akal I dari hierarki kecerdasan merupakan area kecerdasan spiritual manusia yang secara neurologis merupakan tempat God Spot yang berada di daerah temporal otak, semakin ke bawah tingkatannya sampai pada akal X, maka semakin empiris, akal pada tingkatan ini merupakan akal rasional yang berada dalam korteks serebrum pada otak yang mengatur tentang proses berpikir manusia. Penggabungan jenis kecerdasan ini perlu diperhatikan pengembangannya dalam pendidikan Islam sehingga dapat melahirkan peserta didik sebagai manusia yang utuh.
Article Details
How to Cite
[1]
“Konsep Hierarki Akal Al-Farabi dalam Perspektif Neurosains: Relevansinya dalam Pendidikan Islam”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 21–29, Feb. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.16173.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Konsep Hierarki Akal Al-Farabi dalam Perspektif Neurosains: Relevansinya dalam Pendidikan Islam”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 21–29, Feb. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.16173.