Konsep Hierarki Akal Al-Farabi dalam Perspektif Neurosains: Relevansinya dalam Pendidikan Islam

Main Article Content

Riskawati Saleh
Suyadi Suyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep hierarki akal Al-Farabi dalam perspektif neurosains agar dapat melihat relevansinya dalam dunia pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode library research. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi atau dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep hierarki akal Al-Farabi dalam perspektif neurosains dapat tergambarkan bahwa akal I dari hierarki kecerdasan merupakan area kecerdasan spiritual manusia yang secara neurologis merupakan tempat God Spot yang berada di daerah temporal otak, semakin ke bawah tingkatannya sampai pada akal X, maka semakin empiris, akal pada tingkatan ini merupakan akal rasional yang berada dalam korteks serebrum pada otak yang mengatur tentang proses berpikir manusia. Penggabungan jenis kecerdasan ini perlu diperhatikan pengembangannya dalam pendidikan Islam sehingga dapat melahirkan peserta didik sebagai manusia yang utuh.

Article Details

How to Cite
[1]
“Konsep Hierarki Akal Al-Farabi dalam Perspektif Neurosains: Relevansinya dalam Pendidikan Islam”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 21–29, Feb. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.16173.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Konsep Hierarki Akal Al-Farabi dalam Perspektif Neurosains: Relevansinya dalam Pendidikan Islam”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 21–29, Feb. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.16173.