Pengembangan Literasi Informasi dalam Pembelajaran PAI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan literasi informasi dalam pembelajaran PAI di SMP IP Al Banjari Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru dan siswa. analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dan data diuji validitasnya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan literasi informasi dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam SMP Al Banjari Blora yaitu dengan memberikan tugas kepada siswa untuk mengembangkan materi dan resume materi tertentu. Guru juga mengajarkan siswa untuk mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber tanpa meninggalkan evaluasi tentang tugas yang diberikan. Pengembangan literasi informasi yang dilakukan guru menimbulkan beberapa kendala mulai dari penyelesaian tugas yang tidak sempurna dimana hal ini menuntut guru untuk membimbing siswa terkait informasi tugas yang diberikan. Selain itu, kurangnya media pembelajaran menuntut guru berinovasi dengan berbagai metode, media dan strategi disertai dengan berkomunikasi dengan pihak sekolah atau meminjam media dari pihak lain.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengembangan Literasi Informasi dalam Pembelajaran PAI”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 65–71, May 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.16534.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengembangan Literasi Informasi dalam Pembelajaran PAI”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 65–71, May 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.16534.