Pengembangan Literasi Informasi dalam Pembelajaran PAI

Main Article Content

Idris Malikus Sholeh
Rohmat Rohmat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan literasi informasi dalam pembelajaran PAI di SMP IP Al Banjari Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru dan siswa. analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dan data diuji validitasnya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan literasi informasi dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam SMP Al Banjari Blora yaitu dengan memberikan tugas kepada siswa untuk mengembangkan materi dan resume materi tertentu. Guru juga mengajarkan siswa untuk mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber tanpa meninggalkan evaluasi tentang tugas yang diberikan. Pengembangan literasi informasi yang dilakukan guru menimbulkan beberapa kendala mulai dari penyelesaian tugas yang tidak sempurna dimana hal ini menuntut guru untuk membimbing siswa terkait informasi tugas yang diberikan. Selain itu, kurangnya media pembelajaran menuntut guru berinovasi dengan berbagai metode, media dan strategi disertai dengan berkomunikasi dengan pihak sekolah atau meminjam media dari pihak lain.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengembangan Literasi Informasi dalam Pembelajaran PAI”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 65–71, May 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.16534.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengembangan Literasi Informasi dalam Pembelajaran PAI”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 65–71, May 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.16534.