Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis E-Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri

Main Article Content

Emi Puspita Dewi
Dalinur M Nur
Jawasi Jawasi
Rizki Tsaniah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja mahasiswa berbasis e-learning pada mata kuliah dasar-dasar manajemen dakwah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menurut Tessmer. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lembar kerja mahasiswa berbasis e-learning pada mata kuliah dasar-dasar manajemen dakwah dinyatakan layak dan dapat digunakan. Kemudian lembar kerja mahasiswa yang dikembangkan mampu meningkatan kemampuan belajar mandiri.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis E-Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri”, intelektualita, vol. 10, no. 2, pp. 393–398, Dec. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i2.16666.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis E-Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri”, intelektualita, vol. 10, no. 2, pp. 393–398, Dec. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i2.16666.

References

Anjarwati, P. G. P., Sajidan, S., & Prayitno, B. A. (2018). Problem-based learning module of environmental changes to enhance studentsâ€TM creative thinking skill. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 10(2), 313–319.
BSNP. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Buletin BSNP, 1(2).
Detikcom, T. (2021). Naik Tajam, Begini Peningkatan Kasus COVID-19 di RI Akibat Varian Delta. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-5644041/naik-tajam-begini-peningkatan-kasus-covid-19-di-ri-akibat-varian-delta
Hapsari, A. S., Sismiati, A., & Herdi, H. (2013). Profil Kemandirian Remaja (Survey di SMA Negeri 39 Jakarta Siswa Kelas XI Tahun Ajaran 2012/2013). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 1–7.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama, 7.
Mairing, J. P., & Lorida, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah dan Proyek pada Matakuliah Analisis Data. Jurnal Pendidikan, 14(2), 53–61.
Ni’mah, S. (2016). Lembar kerja mahasiswa berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2).
Nurdin, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120.
Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83.
Rohmah, M. S., & Herdiman, I. (2017). PENERAPAN PENDEKATANBRAINSTORMING ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs TERPADU. PRISMA, 6(2), 91–100.
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153–166.
Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20–33.
Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap kemandirian belajar siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 144–155.
Tahar, I., & Enceng, E. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–101.
Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations. Kogan Page.
Vilmala, B. K. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Journal of Education Informatic Technology and Science, 1(2), 145–154.