Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality pada Mata Pelajaran Ekonomi
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh dengan media pembelajaran augmented reality pada materi pasar persaiangan sempurna SMA. Subyek penelitian adalah 36 peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penilitian ini adalah: (1) Perlu adanya media pembelajaran augmented reality, (2) materi pasar persaingan sempurna merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami peserta didik karena sifatnya yang abstrak, (3) peserta didik memerlukan media pembelajara augmented reality yang menarik dan inovatif dalam pembelajaran ekonomi, (4) media pembelajaran augmented reality dapat menjadi solusi yang tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi materi pasar persaingan sempurna kelas X saat pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan dalam penelitian ini bahwa dibutuhkan media pembelajaran augmented reality pada materi pasar persaingan sempurna untuk mempermudah guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran ekonomi kelas X SMA.
Article Details
How to Cite
[1]
“Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality pada Mata Pelajaran Ekonomi”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 110–116, Jun. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.17425.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality pada Mata Pelajaran Ekonomi”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 110–116, Jun. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.17425.