Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality pada Mata Pelajaran Ekonomi

Main Article Content

Miftahussa’adah Miftahussa’adah
Sardianto Markos
Rahmi Susanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh dengan media pembelajaran augmented reality pada materi pasar persaiangan sempurna SMA. Subyek penelitian adalah 36 peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penilitian ini adalah: (1) Perlu adanya media pembelajaran augmented reality, (2) materi pasar persaingan sempurna merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami peserta didik karena sifatnya yang abstrak, (3) peserta didik memerlukan media pembelajara augmented reality yang menarik dan inovatif dalam pembelajaran ekonomi, (4) media pembelajaran augmented reality dapat menjadi solusi yang tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi materi pasar persaingan sempurna kelas X saat pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan dalam penelitian ini bahwa dibutuhkan media pembelajaran augmented reality pada materi pasar persaingan sempurna untuk mempermudah guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran ekonomi kelas X SMA.

Article Details

How to Cite
[1]
“Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality pada Mata Pelajaran Ekonomi”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 110–116, Jun. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.17425.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality pada Mata Pelajaran Ekonomi”, intelektualita, vol. 12, no. 1, pp. 110–116, Jun. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i1.17425.