Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Peningkatan Religiusitas Siswa di SMA Islam Al Ma’arif Singosari Malang

Main Article Content

Nabiilatul Mahbuubah
Muhammad Adip Fanani
Rahmat Aziz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap religiusitas siswa di SMA Islam Al Ma’arif Singosari Malang dengan jumlah responden 201 orang dari seluruh tingkat kelas, dengan mengumpulkan data Skala Likert, dan teknis analisis data. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh iklim sekolah terhadap religiusitas siswa berdasarkan hasil uji regresi simultan dan uji regresi parsial pengaruh iklim sekolah terhadap religiusitas siswa. Uji regresi simultan memperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti variabel iklim sekolah berpengaruh terhadap religiusitas siswa. Ada lima dimensi iklim sekolah yaitu hubungan siswa, hubungan siswa dengan guru, iklim pendidikan, rasa memiliki, dan keadilan antarpribadi. Setelah dilakukan uji regresi parsial ditemukan bahwa iklim pendidikan sangat mempengaruhi religiusitas peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji regresi parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,01 dimana nilai tersebut < 0,05.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Peningkatan Religiusitas Siswa di SMA Islam Al Ma’arif Singosari Malang”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Oct. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.19362.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Peningkatan Religiusitas Siswa di SMA Islam Al Ma’arif Singosari Malang”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Oct. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.19362.