Pengaruh Aktifitas Kelas terhadap Kepedulian Sosial Siswa MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas kelas memiliki perngaruh terhadap kepedulian sosial siswa. Metode Penelitian digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini menemukan bahwa hasil normalitas nilai signifikansi sebesar 0,000 berarti yang dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi normal serta hasil daripada linearisasi nilai signifikansi menunjukkan 0,075 Maka dapat disampaikan data tersebut linear. Pada pengujian terhadap Hipotesis berupa uji regresi simultan dan uji regresi parsial terdapat hasil yang menyatakan pengaruh aktifitas kelas terhadap kepedulian sosial siswa. Pada uji regresi parsial ini terdapat enam indikator berupa 1) peraturan kelas, 2) dukungan siswa, 3) keterlibatan siswa, 4) pembelajaran positif, 5) peranan guru dan, 6) manajemen kelas. Berdasarkan uji regresi simultan dan uji regresi parsial terdapat hasil yang menyatakan adanya pengaruh aktifitas kelas terhadap kepedulian sosial siswa. Pada uji regresi parsial dari enam indikator dengan hasil pembelajaran positif merupakan pengaruh sebesar 16,5% Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran positif merupakan pengaruh yang dominan terhadap kepedulian sosial siswa.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Aktifitas Kelas terhadap Kepedulian Sosial Siswa MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Oct. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.19534.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Aktifitas Kelas terhadap Kepedulian Sosial Siswa MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Oct. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.19534.