Pengaruh Aktifitas Kelas terhadap Kepedulian Sosial Siswa MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang

Main Article Content

Dewi Ratnasari
Dedi Saputra
Sandi Kurniawan
Nabiilatul Mahbuubah
Rahmat Aziz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas kelas memiliki perngaruh terhadap kepedulian sosial siswa. Metode Penelitian digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini menemukan bahwa hasil normalitas nilai signifikansi sebesar 0,000 berarti yang dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi normal serta hasil daripada linearisasi nilai signifikansi menunjukkan 0,075 Maka dapat disampaikan data tersebut linear. Pada pengujian terhadap Hipotesis berupa uji regresi simultan dan uji regresi parsial terdapat hasil yang menyatakan pengaruh aktifitas kelas terhadap kepedulian sosial siswa. Pada uji regresi parsial ini terdapat enam indikator berupa 1) peraturan kelas, 2) dukungan siswa, 3) keterlibatan siswa, 4) pembelajaran positif, 5) peranan guru dan, 6) manajemen kelas. Berdasarkan uji regresi simultan dan uji regresi parsial terdapat hasil yang menyatakan adanya pengaruh aktifitas kelas terhadap kepedulian sosial siswa. Pada uji regresi parsial dari enam indikator dengan hasil pembelajaran positif merupakan pengaruh sebesar 16,5% Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran positif merupakan pengaruh yang dominan terhadap kepedulian sosial siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Aktifitas Kelas terhadap Kepedulian Sosial Siswa MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Oct. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.19534.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Aktifitas Kelas terhadap Kepedulian Sosial Siswa MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Oct. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.19534.