Analisis Gender pada Regulasi Diri Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing: Penelitian Cross-Sectional di Indonesia

Main Article Content

Venny Karolina
Dita Septiana
Nurul Fahira

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan signifikan dalam regulasi diri dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data melalui penggunaan kuesioner. Sebanyak 312 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini dan mengisi kuesioner dalam periode waktu yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi p-value < 0,05 dengan effect size Cohen's yang menunjukkan nilai 0,8, yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil ini mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan regulasi diri dalam belajar Bahasa Inggris berdasarkan jenis kelamin, di mana mahasiswa perempuan memiliki tingkat regulasi diri yang lebih tinggi daripada mahasiswa laki-laki.

Article Details

How to Cite
[1]
“Analisis Gender pada Regulasi Diri Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing: Penelitian Cross-Sectional di Indonesia”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Nov. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.20030.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Analisis Gender pada Regulasi Diri Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing: Penelitian Cross-Sectional di Indonesia”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Nov. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.20030.