Analisis Gender pada Regulasi Diri Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing: Penelitian Cross-Sectional di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan signifikan dalam regulasi diri dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data melalui penggunaan kuesioner. Sebanyak 312 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini dan mengisi kuesioner dalam periode waktu yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi p-value < 0,05 dengan effect size Cohen's yang menunjukkan nilai 0,8, yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil ini mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan regulasi diri dalam belajar Bahasa Inggris berdasarkan jenis kelamin, di mana mahasiswa perempuan memiliki tingkat regulasi diri yang lebih tinggi daripada mahasiswa laki-laki.
Article Details
How to Cite
[1]
“Analisis Gender pada Regulasi Diri Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing: Penelitian Cross-Sectional di Indonesia”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Nov. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.20030.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Analisis Gender pada Regulasi Diri Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing: Penelitian Cross-Sectional di Indonesia”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Nov. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.20030.