Modul Kimia Berbasis Project Based Learning untuk Sekolah dengan Kurikulum Merdeka

Main Article Content

A Rachman Ibrahim
Chyntia Meliana Siregar
Ratna Farwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul kimia berbasis Project Based Learning yang valid, praktis, dan efektif, yang dibutuhkan oleh sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang dimodifikasikan dengan evaluasi formatif Tessmer. Tahapan model pengembangan Rowntree yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Sedangkan tahap pengembangan evaluasi formatif Tessmer terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian pada tahap expert review menunjukkan bahwa kevalidan desain menurut koefisien Aiken sebesar 0,93 dengan kategori tinggi, kevalidan materi sebesar 0,97 dengan kategori tinggi, dan kevalidan pedagogik sebesar 0,92 dengan kategori tinggi. Pada tahap one-to-one diperoleh persentase praktikalitas modul sebesar 93,05% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap small group diperoleh persentase praktikalitas modul sebesar 94,9% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektivitas yang diperoleh dari field test dengan nilai N-Gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, Modul Jenis-Jenis Materi dan Perubahannya berbasis Project Based Learning telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
“Modul Kimia Berbasis Project Based Learning untuk Sekolah dengan Kurikulum Merdeka”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Nov. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.20246.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Modul Kimia Berbasis Project Based Learning untuk Sekolah dengan Kurikulum Merdeka”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Nov. 2023, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.20246.