Manajemen Pendidikan Pondok Modern dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Studi Multikasus
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darul Abror Kemiri dan Daarul Archam Rajeg untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada tahun 2023/2024. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menunjukkan temuan sebagai tanggapan terhadap perumusan masalah. Untuk mendapatkan data yang relevan, metode ini melibatkan pengungkapan apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan ditanyakan tentang subjek penelitian. Observasi, dokumentasi, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai media yang berkaitan dengan Industri 4.0 telah digunakan secara tidak langsung dalam perencanaan manajemen pendidikan di kedua pondok pesantren tersebut. Strategi yang dipilih mencakup penggunaan platform seperti Zoom, basis data, pemasaran melalui media sosial, pembayaran dengan sistem terpadu, dan penerimaan santri baru (PSB) secara online. Meskipun media-media ini muncul sebagai tanggapan atas kebutuhan, pengurus belum sepenuhnya memiliki niat untuk mengikuti Revolusi Industri 4.0 sepenuhnya, dan lembaga terkait tidak mengeluarkan tuntutan yang mengikat.
Article Details
How to Cite
[1]
“Manajemen Pendidikan Pondok Modern dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Studi Multikasus”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 61–67, May 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.21035.
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Manajemen Pendidikan Pondok Modern dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Studi Multikasus”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 61–67, May 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.21035.
References
Asifudin, Ahmad Janan. 2016. Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.1, No.2: 356-357.
Dhofir, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1985.
Faiz, Muhammad Fauzinuddin. 2015. Ringkasan Buku Beografi Mbah Kiai Syafaat. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat Rahmad, Candra Wijaya. 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Jazuli, Ahmad: 2020. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Modern dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di Kabupaten Kampar. Tesis. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan: Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kagermann, H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. Laporan akhir: Rekomendasi untuk mengimplementasikan inisiatif strategis Industri 4.0. 2013.
Maria, M., Shahbodin, F., & Pee, N. C.. Sistem pendidikan tinggi Konferensi Internasional ke-3 tentang Sains dan Teknologi Terapan (AIP Publishing), 1. 2016.
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. 2018. Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi RevolusiIndustri 4.0.”
Suwardana Hendra. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental, JATI UNIK, Vol.1, No.2, h.102.
Saadah, Siti Jumiyatis: 2018. Manajemen Pendidikan di Pondok Modern Darul Abror Kemiri Dan Pondok Modern Daarul archam Rajeg Kelurahan Gabugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semaran Tahun 2018. Skripsi. FTIK IAIN Salatiga.
Sa’diyah Nurul Lailatus dkk. 2020. Pengembangan Pembelajaran PAI Sekolah Adiwiyata Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Keislaman, Vol.1, No.1: 4.
Syamsuar, Reflianto. 2018. Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industry 4.0” dalam E-Tech Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan Vol. 6, No.2, ISSN 2541-3600.
Widodo Hendro, Etyk Nurhayati. 2020. Manajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah, Dan Pesantren. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dhofir, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1985.
Faiz, Muhammad Fauzinuddin. 2015. Ringkasan Buku Beografi Mbah Kiai Syafaat. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat Rahmad, Candra Wijaya. 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Jazuli, Ahmad: 2020. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Modern dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di Kabupaten Kampar. Tesis. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan: Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kagermann, H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. Laporan akhir: Rekomendasi untuk mengimplementasikan inisiatif strategis Industri 4.0. 2013.
Maria, M., Shahbodin, F., & Pee, N. C.. Sistem pendidikan tinggi Konferensi Internasional ke-3 tentang Sains dan Teknologi Terapan (AIP Publishing), 1. 2016.
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. 2018. Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi RevolusiIndustri 4.0.”
Suwardana Hendra. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental, JATI UNIK, Vol.1, No.2, h.102.
Saadah, Siti Jumiyatis: 2018. Manajemen Pendidikan di Pondok Modern Darul Abror Kemiri Dan Pondok Modern Daarul archam Rajeg Kelurahan Gabugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semaran Tahun 2018. Skripsi. FTIK IAIN Salatiga.
Sa’diyah Nurul Lailatus dkk. 2020. Pengembangan Pembelajaran PAI Sekolah Adiwiyata Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Keislaman, Vol.1, No.1: 4.
Syamsuar, Reflianto. 2018. Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industry 4.0” dalam E-Tech Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan Vol. 6, No.2, ISSN 2541-3600.
Widodo Hendro, Etyk Nurhayati. 2020. Manajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah, Dan Pesantren. Bandung: PT Remaja Rosdakarya