Manajemen Pendidikan Pondok Modern dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Studi Multikasus

Main Article Content

Ade Ripai
Endang Komara
Nandang Koswara
Meilia Prehartanti
Silvia Megawati
Firmansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darul Abror Kemiri dan Daarul Archam Rajeg untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada tahun 2023/2024. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menunjukkan temuan sebagai tanggapan terhadap perumusan masalah. Untuk mendapatkan data yang relevan, metode ini melibatkan pengungkapan apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan ditanyakan tentang subjek penelitian. Observasi, dokumentasi, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai media yang berkaitan dengan Industri 4.0 telah digunakan secara tidak langsung dalam perencanaan manajemen pendidikan di kedua pondok pesantren tersebut. Strategi yang dipilih mencakup penggunaan platform seperti Zoom, basis data, pemasaran melalui media sosial, pembayaran dengan sistem terpadu, dan penerimaan santri baru (PSB) secara online. Meskipun media-media ini muncul sebagai tanggapan atas kebutuhan, pengurus belum sepenuhnya memiliki niat untuk mengikuti Revolusi Industri 4.0 sepenuhnya, dan lembaga terkait tidak mengeluarkan tuntutan yang mengikat.

Article Details

How to Cite
[1]
“Manajemen Pendidikan Pondok Modern dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Studi Multikasus”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 61–67, May 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.21035.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Manajemen Pendidikan Pondok Modern dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Studi Multikasus”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 61–67, May 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.21035.

References

Asifudin, Ahmad Janan. 2016. Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.1, No.2: 356-357.
Dhofir, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1985.
Faiz, Muhammad Fauzinuddin. 2015. Ringkasan Buku Beografi Mbah Kiai Syafaat. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat Rahmad, Candra Wijaya. 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Jazuli, Ahmad: 2020. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Modern dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di Kabupaten Kampar. Tesis. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan: Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kagermann, H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. Laporan akhir: Rekomendasi untuk mengimplementasikan inisiatif strategis Industri 4.0. 2013.
Maria, M., Shahbodin, F., & Pee, N. C.. Sistem pendidikan tinggi Konferensi Internasional ke-3 tentang Sains dan Teknologi Terapan (AIP Publishing), 1. 2016.
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. 2018. Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi RevolusiIndustri 4.0.”
Suwardana Hendra. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental, JATI UNIK, Vol.1, No.2, h.102.
Saadah, Siti Jumiyatis: 2018. Manajemen Pendidikan di Pondok Modern Darul Abror Kemiri Dan Pondok Modern Daarul archam Rajeg Kelurahan Gabugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semaran Tahun 2018. Skripsi. FTIK IAIN Salatiga.
Sa’diyah Nurul Lailatus dkk. 2020. Pengembangan Pembelajaran PAI Sekolah Adiwiyata Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Keislaman, Vol.1, No.1: 4.
Syamsuar, Reflianto. 2018. Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industry 4.0” dalam E-Tech Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan Vol. 6, No.2, ISSN 2541-3600.
Widodo Hendro, Etyk Nurhayati. 2020. Manajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah, Dan Pesantren. Bandung: PT Remaja Rosdakarya