Pengaruh Ekstrakurikuler Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SDN Glagahsari 1 Sukorejo Pausuruan

Main Article Content

Silvia Salsabila
Ali Mohtarom
Askhabul Kirom

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler tahfidz dalam pembentukan karakter religius siswa di  SDN Glagahsari 1 Sukorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain program tahfidz yang terstruktur dengan melibatkan peran aktif guru pembimbing memainkan peran krusial dalam membentuk karakter religius siswa. Pengaruh positif ini tidak hanya terbatas pada hafalan Al-Qur’an, tetapi juga mencakup pemahaman mendalam dan internalisasi nilai-nilai agama. Lingkungan sekolah yang kondusif dan dukungan aktif dari keluarga merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan program tahfidz, menegaskan pentingnya sinergi antara lingkungan pendidikan formal dan keluarga dalam membentuk karakter siswa. Dengan demikian, pentingnya pendidikan agama dalam mendukung pembentukan karakter religius yang kuat pada generasi muda Indonesia. Implikasi praktis dari temuan ini adalah perlunya peningkatan peran pendidikan agama dalam kurikulum pendidikan untuk lebih efektif dalam membentuk moral dan etika siswa, serta pentingnya dukungan dari lingkungan sekolah dan keluarga dalam mendukung perkembangan karakter siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Ekstrakurikuler Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SDN Glagahsari 1 Sukorejo Pausuruan”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 159–171, Jul. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.22934.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Ekstrakurikuler Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SDN Glagahsari 1 Sukorejo Pausuruan”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 159–171, Jul. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.22934.