Pengaruh Ekstrakurikuler Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SDN Glagahsari 1 Sukorejo Pausuruan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler tahfidz dalam pembentukan karakter religius siswa di SDN Glagahsari 1 Sukorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain program tahfidz yang terstruktur dengan melibatkan peran aktif guru pembimbing memainkan peran krusial dalam membentuk karakter religius siswa. Pengaruh positif ini tidak hanya terbatas pada hafalan Al-Qur’an, tetapi juga mencakup pemahaman mendalam dan internalisasi nilai-nilai agama. Lingkungan sekolah yang kondusif dan dukungan aktif dari keluarga merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan program tahfidz, menegaskan pentingnya sinergi antara lingkungan pendidikan formal dan keluarga dalam membentuk karakter siswa. Dengan demikian, pentingnya pendidikan agama dalam mendukung pembentukan karakter religius yang kuat pada generasi muda Indonesia. Implikasi praktis dari temuan ini adalah perlunya peningkatan peran pendidikan agama dalam kurikulum pendidikan untuk lebih efektif dalam membentuk moral dan etika siswa, serta pentingnya dukungan dari lingkungan sekolah dan keluarga dalam mendukung perkembangan karakter siswa.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Ekstrakurikuler Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SDN Glagahsari 1 Sukorejo Pausuruan”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 159–171, Jul. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.22934.
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Ekstrakurikuler Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SDN Glagahsari 1 Sukorejo Pausuruan”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 159–171, Jul. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.22934.