Pengaruh Asesmen Diagnostik Non Kognitif terhadap Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen diagnostik non kognitif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV MI Raudhatul Ulum Sakatiga. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yaitu yang didasarkan pada pandangan positivism. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B MI Raudhatul Ulum Sakatiga berjumlah 61 orang yang kemudian menggunakan jenis Purpose Sampling, kelas yang digunakan pada penelitian ini ialah kelas IV B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan korelasi produck moment (pearson) dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menemukan bahwa Sig. 0,261 dan pearson correlation -0,212. Jika nilai Sig. < 0,005 yakni jika sig < a (0,005), maka asesmen diagnostik non kognitif memilki pengaruh signifikan terhadap minat belajar dan jika sig > a (0,005). Berdasarkan hasil output di atas sig > a (0,005) yaitu 0,261 > 0,005 Jadi Ho diterima dan Ha di tolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa berarti tidak memilki pengaruh signifikan asesmen diagnostik non kognitif terhadap minat belajar.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Asesmen Diagnostik Non Kognitif terhadap Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 146–158, Jun. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.23123.
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Asesmen Diagnostik Non Kognitif terhadap Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 146–158, Jun. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.23123.