Optimalisasi Perencanaan Kurikulum di Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di SMP Muslimin Banyuresmi yang dirancang agar sesuai dengan kebutuhan pendidikan serta mencapai tujuan akhir pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum di SMP Muslimin Banyuresmi telah berjalan dengan baik dan terorganisir. Perencanaan dilakukan secara rutin pada awal tahun ajaran melalui rapat yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan staf sekolah. Kurikulum dikembangkan berdasarkan landasan filosofis dan yuridis serta disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui berbagai tes tambahan. Pelaksanaan kurikulum mencakup penyusunan rencana tahunan, kalender pendidikan, jadwal pelaksanaan kegiatan, serta koordinasi antar guru dan bimbingan dari kepala sekolah. Evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala untuk menilai efektivitas kurikulum yang diterapkan dan mengidentifikasi kelemahan yang memerlukan perbaikan. Evaluasi ini mencakup penilaian formatif dan sumatif untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kesimpulannya, perencanaan dan pelaksanaan kurikulum di SMP Muslimin Banyuresmi telah memenuhi prinsip pengelolaan yang baik, terstruktur, dan berorientasi pada pengembangan siswa. Namun, evaluasi terus-menerus diperlukan untuk meningkatkan kualitas kurikulum sesuai dengan perkembangan kebutuhan pendidikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
References
Al fatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397–3405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372
Damayanti, A., Gede, P., & Dikta, A. (n.d.). ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS 3 B SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BEBALANG.
Jurnal Pendidikan Biologi, B. (2023). ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 61 MARIO KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU. 1. https://e-journal.my.id/biogenerasi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., Dewi Anggita, A., Eka Subekti, E., Prayito, M., Prasetiawati, C., PGRI Semarang, U., & Negeri Panggung Lor, S. (2023). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS 4 SD N PANGGUNG LOR (Vol. 7, Issue 1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa
Pendidikan, J., Pembelajaran, D., Analisis, S., Belajar, K., Penyebab, F.-F., & Amaliyah, M. (2021). IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. 4(1).
Rahmah, D. A., Delima, R., & 2, H. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. 8(2), 1246–1253. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.4825
Rika Ameliya, R., & Setyawan, A. (n.d.). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN SOCAH 2.
Sa’adah, N., Hermita, N., & Fendrik, D. M. (n.d.). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Primary Education, 6(2), 209–216.
Setyawan, A., Arsilah Novitri, Q., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Agus, M., Anam, K., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD).
Tinggi, S., & Islam Binamadani, A. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA Utami Maulida. In Agustus (Vol. 5, Issue 2). https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi