Optimalisasi Perencanaan Kurikulum di Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Main Article Content

Badrudin
Muhamad Zidan Al Anshori
Rizki Subagja
Rully Nurul Fajri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di SMP Muslimin Banyuresmi yang dirancang agar sesuai dengan kebutuhan pendidikan serta mencapai tujuan akhir pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum di SMP Muslimin Banyuresmi telah berjalan dengan baik dan terorganisir. Perencanaan dilakukan secara rutin pada awal tahun ajaran melalui rapat yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan staf sekolah. Kurikulum dikembangkan berdasarkan landasan filosofis dan yuridis serta disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui berbagai tes tambahan. Pelaksanaan kurikulum mencakup penyusunan rencana tahunan, kalender pendidikan, jadwal pelaksanaan kegiatan, serta koordinasi antar guru dan bimbingan dari kepala sekolah. Evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala untuk menilai efektivitas kurikulum yang diterapkan dan mengidentifikasi kelemahan yang memerlukan perbaikan. Evaluasi ini mencakup penilaian formatif dan sumatif untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kesimpulannya, perencanaan dan pelaksanaan kurikulum di SMP Muslimin Banyuresmi telah memenuhi prinsip pengelolaan yang baik, terstruktur, dan berorientasi pada pengembangan siswa. Namun, evaluasi terus-menerus diperlukan untuk meningkatkan kualitas kurikulum sesuai dengan perkembangan kebutuhan pendidikan.

Article Details

How to Cite
[1]
“Optimalisasi Perencanaan Kurikulum di Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Jan. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.23305.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Optimalisasi Perencanaan Kurikulum di Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan”, intelektualita, vol. 12, no. 2, Jan. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v12i2.23305.

References

Al fatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397–3405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372

Damayanti, A., Gede, P., & Dikta, A. (n.d.). ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS 3 B SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BEBALANG.

Jurnal Pendidikan Biologi, B. (2023). ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 61 MARIO KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU. 1. https://e-journal.my.id/biogenerasi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., Dewi Anggita, A., Eka Subekti, E., Prayito, M., Prasetiawati, C., PGRI Semarang, U., & Negeri Panggung Lor, S. (2023). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS 4 SD N PANGGUNG LOR (Vol. 7, Issue 1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa

Pendidikan, J., Pembelajaran, D., Analisis, S., Belajar, K., Penyebab, F.-F., & Amaliyah, M. (2021). IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. 4(1).

Rahmah, D. A., Delima, R., & 2, H. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. 8(2), 1246–1253. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.4825

Rika Ameliya, R., & Setyawan, A. (n.d.). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN SOCAH 2.

Sa’adah, N., Hermita, N., & Fendrik, D. M. (n.d.). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Primary Education, 6(2), 209–216.

Setyawan, A., Arsilah Novitri, Q., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Agus, M., Anam, K., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD).

Tinggi, S., & Islam Binamadani, A. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA Utami Maulida. In Agustus (Vol. 5, Issue 2). https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi