Hubungan antara Pemahaman Moral dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Siswa-Siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pemahaman moral dengan kecenderungan perilaku Agresi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tidak ada Hubungan Antara Pemahaman Moral Dengan Kecenderungan Perilaku Agresi Pada Siswa-siswi Kelas IX SMP Negeri 50 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang yang berjumlah 213 siswa. Skala yang digunakan adalah skala yang disusun sendiri oleh peneliti. Adapun skala yang digunakan adalah skala pemahaman moral yang mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Kohlberg dan skala kecenderungan perilaku agresi dengan mengacu pada aspek-aspek agresi menurut Bush dan Perry. Metode analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS 20 for windows untuk menguji hubungan antara pemahaman moral dengan kecenderungan perilaku agresi. Hasil korelasi product moment dari Pearson menunjukkan angka korelasi sebesar rxy = -0,019 dengan ρ = 0.779 dimana (ρ >0.01) maka hal ini berarti tidak ada Hubungan Antara Pemahaman Moral Dengan Kecenderungan Perilaku Agresi PadabSiswa-siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang.
Article Details
How to Cite
[1]
“Hubungan antara Pemahaman Moral dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Siswa-Siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang”, intelektualita, vol. 7, no. 1, pp. 11–20, Jul. 2018, doi: 10.19109/intelektualita.v7i1.2336.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Hubungan antara Pemahaman Moral dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Siswa-Siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang”, intelektualita, vol. 7, no. 1, pp. 11–20, Jul. 2018, doi: 10.19109/intelektualita.v7i1.2336.
References
[1] B. Pagi, "Berita Pagi," Berita Pagi, 2016. [Online]. Available: http://www.beritapagi.co.id. [Accessed 30 September 2016].
[2] BPS, "Badan Pusat Statistik," Badan Pusat Statistik, [Online]. Available: https://www.bps.go.id/.
[3] Santrock, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 2007.
[4] G. BK, Interviewee, Tindak Kekerasan di Sekolah. [Interview]. 2017.
[5] A. Sobur, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
[6] Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta: Gema Insani, 2015.
[7] A. A. Hains, "Variables in social cognitive development: Moral judgment, role-taking, cognitive processes, and self-concept in delinquents and nondelinquents," The Journal of Early Adolescence, vol. 4, no. 1, pp. 65-74, 1984.
[8] A. Budiningsih, Pembelajaran moral berpijak pada karakteristik siswa dan budayanya, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
[2] BPS, "Badan Pusat Statistik," Badan Pusat Statistik, [Online]. Available: https://www.bps.go.id/.
[3] Santrock, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 2007.
[4] G. BK, Interviewee, Tindak Kekerasan di Sekolah. [Interview]. 2017.
[5] A. Sobur, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
[6] Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta: Gema Insani, 2015.
[7] A. A. Hains, "Variables in social cognitive development: Moral judgment, role-taking, cognitive processes, and self-concept in delinquents and nondelinquents," The Journal of Early Adolescence, vol. 4, no. 1, pp. 65-74, 1984.
[8] A. Budiningsih, Pembelajaran moral berpijak pada karakteristik siswa dan budayanya, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.