Strategi Humas dalam Peningkatan Mutu Pelayanan RS. Islam Siti Khadijah Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi humas di RS. Islam Siti Khadijah Palembang. Dipilihnya RS. Islam Siti Khadijah, karena instansi ini merupakan rumah sakit dengan akreditasi paripurna dan sudah bertaraf nasional. Maka dari itu, skripsi yang dibuat oleh penulis dengan judul “Strategi Humas Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Di RS. Islam Siti Khadijah Palembang” ini digunakan untuk mengetahui bagaimana strategi humas dalam peningkatan mutu pelayanan. Kualitas merupakan inti kelangsungan hidup suatu instansi. Gerakan revolusi mutu melalui pendekatan manajemen mutu terpadu menjadi tuntutan yang tidak boleh terabaikan. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pasien. Kepuasan dimulai dari penerimaan terhadap pasien dari pertama kali datang, sampai pasien meninggalkan rumah sakit. Humas merupakan manajemen yang unik, membantu dan memelihara jalur komunikasi. Menciptakan sebuah standar pelayanan merupakan kinerja humas. Maka jelas bahwa objek penelitiannya adalah pelaksanaan kinerja humas di RS. Islam Siti Khadijah Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada pihak humas, dokumentasi kegiatan, dan observasi. Analisis data mengunakan analisis data kualitatif, yaitu menggambarkan jelas dan lengkap. Berdasarkan indikator- indikator penilaian yang ada, maka, hasil penelitian menunjukan bahwa strategi humas di RS. Islam Siti Khadijah secara keseluruhan sudah sesuai dengan teori humas.
Article Details
How to Cite
[1]
“Strategi Humas dalam Peningkatan Mutu Pelayanan RS. Islam Siti Khadijah Palembang”, intelektualita, vol. 7, no. 1, pp. 31–40, Jul. 2018, doi: 10.19109/intelektualita.v7i1.2338.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Strategi Humas dalam Peningkatan Mutu Pelayanan RS. Islam Siti Khadijah Palembang”, intelektualita, vol. 7, no. 1, pp. 31–40, Jul. 2018, doi: 10.19109/intelektualita.v7i1.2338.
References
[1] R. F. Harlow, "Building a public relations definition," Public relations review 2, vol. 4, pp. 34-42, 1976.
[2] J. Grunig and T. Hunt, Managing Public Relations CL, California: Holt, Rinehart and Winston, 1984.
[3] T. Penyusun, "Tabloid RS. Islam Siti Khadijah Palembang," RS. Islam Siti Khadijah Palembang)., Palembang, 2016.
[4] R. Ruslan, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Edisi Revisi. Jakarta, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
[5] Arif, Interviewee, Bakti Sosial. [Interview]. 2016.
[6] Rosmini, Interviewee, BPJS Kesehatan. [Interview]. 2016.
[2] J. Grunig and T. Hunt, Managing Public Relations CL, California: Holt, Rinehart and Winston, 1984.
[3] T. Penyusun, "Tabloid RS. Islam Siti Khadijah Palembang," RS. Islam Siti Khadijah Palembang)., Palembang, 2016.
[4] R. Ruslan, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Edisi Revisi. Jakarta, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
[5] Arif, Interviewee, Bakti Sosial. [Interview]. 2016.
[6] Rosmini, Interviewee, BPJS Kesehatan. [Interview]. 2016.