Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjudul: Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih berpusat pada guru itu sendiri, sehigga pembelajaran PAI lebih menekankan aspek kognitif melalui kegiatan menghafal dalam upaya menguasai materi, dalam hal ini juga siswa kurang diarahkan untuk membangun pengetahuan sendiri, dengan kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif. Berdasarkan hasil penelitian pertama, Penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang berada dalam kategori tinggi, yakni sebesar 60% (44 orang). Kedua, Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Berdasarkan hasil observasi kriteria aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memperoleh skor 4 atau 80% sebanyak 35 orang termasuk kategori tinggi. Ketiga, Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Hal ini dilihat dari hasil uji hipotesis yang diperoleh dalam perhitungan (yaitu t0 = 8.656) adalah lebih besar dari pada tt (baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf signifikasi 1%.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang”, intelektualita, vol. 7, no. 1, pp. 59–70, Jul. 2018, doi: 10.19109/intelektualita.v7i1.2339.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang”, intelektualita, vol. 7, no. 1, pp. 59–70, Jul. 2018, doi: 10.19109/intelektualita.v7i1.2339.
References
[1] Suryani, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.
[2] M. Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011.
[3] W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012.
[2] M. Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011.
[3] W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012.