Pengaruh Penerapan Metode Peta Konsep (Menggunakan Macromedia Flash) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Patra Mandiri Plaju Kelas VII
Main Article Content
Abstract
Faktor utama yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah metode pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Patra Mandiri Plaju Kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah the pretest-post-test non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan untuk penelitian 2 kelas, pengambilan sampel ini dengan teknik cluster sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash pada materi Gejala Biotik dan Abiotik di MTs Patra Mandiri Plaju. Hasil ini juga menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, berdasarkan analisis uji t pada kelas eksperimen diperoleh nilai 6,243 sedangkan nilai t tabelnya adalah 2,030 yang artinya nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Thitung 6,243>Ttabel 2,030. Maka dapat disimpulkan bahwa metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash mampu
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Penerapan Metode Peta Konsep (Menggunakan Macromedia Flash) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Patra Mandiri Plaju Kelas VII”, intelektualita, vol. 7, no. 1, pp. 71–80, Jul. 2018, doi: 10.19109/intelektualita.v7i1.2341.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Penerapan Metode Peta Konsep (Menggunakan Macromedia Flash) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Patra Mandiri Plaju Kelas VII”, intelektualita, vol. 7, no. 1, pp. 71–80, Jul. 2018, doi: 10.19109/intelektualita.v7i1.2341.
References
[1] M. S, Marjono and S. L, "Pengaruh Pemberian Peta Konsep Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan Siswa Kelas II Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2002/2003.," Bioedukasi, vol. 2, no. 1, 2005.
[2] N. Rahman, Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karakteristik, dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, Yogyakarta: Pustaka Felicha, 2013.
[3] Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
[2] N. Rahman, Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karakteristik, dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, Yogyakarta: Pustaka Felicha, 2013.
[3] Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.