Integrasi Karakter Kedisiplinan dalam Kegiatan Hizbul Wathan Sebagai Aktualisasi Akhlak Mulia

Main Article Content

Auwinah Ristyawanda
Anita Puji Astutik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi pendidikan karakter kedisiplinan dalam kegiatan Hizbul Wathan (HW) sebagai upaya mengaktualisasi akhlak mulia pada pandu Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 4 Porong. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara kepada waka kesiswaan, pembina dan anggota HW. Data dianalisis dengan teknik analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan HW efektif dalam menanamkan karakter kedisiplinan melalui pembelajaran berbasis pengalaman. Aktivitas seperti latihan baris-berbaris, penjelajahan, permainan edukatif, dan tugas kelompok membantu peserta didik mempraktikkan kedisiplinan, kerja sama, dan tanggung jawab secara langsung. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung perkembangan akhlak mulia seperti kejujuran, kepedulian sosial, dan sikap saling menghargai dalam lingkungan yang inklusif dan kolaboratif. Kesimpulannya, integrasi pendidikan karakter kedisiplinan dalam kegiatan HW berkontribusi signifikan dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya berdisiplin tinggi tetapi juga berakhlak mulia. Sinergi antara pendidikan formal dan kegiatan kepanduan menjadi solusi strategis dalam membangun generasi berkarakter kuat, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan kehidupan.

Article Details

How to Cite
[1]
“Integrasi Karakter Kedisiplinan dalam Kegiatan Hizbul Wathan Sebagai Aktualisasi Akhlak Mulia”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 198–211, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24031.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Integrasi Karakter Kedisiplinan dalam Kegiatan Hizbul Wathan Sebagai Aktualisasi Akhlak Mulia”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 198–211, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24031.