Peran Guru dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa di Full Day School

Main Article Content

Muhammad Ilham Hakiki
Anita Puji Astutik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran full day school dan peran guru dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa di SD Muhammadiyah 1 Driyorejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode kualitatif berpusat pada observasi yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pembelajaran full day school dapat meminimalisir pengawasan orang tua yang bekerja, dan siswa dapat mengembangkan minat, bakat, dan potensinya di sekolah. Seorang guru harus profesional dan berperan penting dalam mendidik agar dapat mengembangkan keaktifan belajar siswa dan mengembangkan potensi dirinya baik di dalam kelas maupun diluar kelas, terlebih sistem pembelajaran full day school dimana siswa cenderung mudah merasa bosan ketika lama berada dikelas, Untuk megatasi hal tersebut guru dapat menggunakan strategi, metode, dan media pembelajaran yang dapat dipahami oleh siswa dengan mudah.

Article Details

How to Cite
[1]
“Peran Guru dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa di Full Day School”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 187–197, Jun. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.24168.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Peran Guru dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa di Full Day School”, intelektualita, vol. 13, no. 1, pp. 187–197, Jun. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i1.24168.