Serbuan Informasi Media Sosial dan Kecenderungan Sikap Keberagamaan Generasi Alpha

Main Article Content

Roidatun Nabilah Nabilah
Budi Haryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pola penerimaan informasi dan pembentukan sikap keberagamaan pada generasi Alpha. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Penelitian ini menyoroti pentingnya keterampilan teknologi dalam pembelajaran agama di era digital, terutama bagi Generasi Alpha. Sekolah perlu membekali siswa dengan kemampuan beradaptasi, pembelajaran seumur hidup, dan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan dunia digital. Generasi Alpha, yang gaya belajarnya sangat terkait dengan teknologi, membutuhkan pendekatan pendidikan yang berfokus pada pembelajaran berbasis pengalaman. Pendidikan agama di masa depan akan menekankan penerjemahan informasi, interpretasi, dan penambahan nilai dengan memanfaatkan alat bantu visual, pendengaran, dan kinestetik untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung hubungan sosial. Tantangan utama adalah mengurangi kesenjangan literasi teknologi antara guru dan siswa, meningkatkan interaksi sosial, dan mengembangkan keterampilan lunak seperti rasa kebersamaan dan kolaborasi. Guru memiliki peran penting dalam menciptakan suasana kelas yang kolaboratif, mendorong berpikir kritis dan kreatif, serta membantu siswa memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Article Details

How to Cite
[1]
“Serbuan Informasi Media Sosial dan Kecenderungan Sikap Keberagamaan Generasi Alpha”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 212–221, Jan. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24286.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Serbuan Informasi Media Sosial dan Kecenderungan Sikap Keberagamaan Generasi Alpha”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 212–221, Jan. 2025, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24286.