Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa

Main Article Content

Faiz Aswa Nazhan
Syahidin
Mokh. Iman Firmansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa beberapa strategi yang diterapkan oleh guru PAI, seperti metode tanya jawab, reward and punishment, dan ice breaking, terbukti efektif dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa. Penerapan strategi-strategi tersebut tidak hanya membantu siswa untuk tetap fokus dalam belajar, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan interaktif. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran yang tepat dapat memberikan dampak positif terhadap kesiapan belajar siswa, serta mendukung tercapainya tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang optimal.

Article Details

How to Cite
[1]
“Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 222–232, Dec. 2024, doi: 10.19109/x7t6f108.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 222–232, Dec. 2024, doi: 10.19109/x7t6f108.