Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa beberapa strategi yang diterapkan oleh guru PAI, seperti metode tanya jawab, reward and punishment, dan ice breaking, terbukti efektif dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa. Penerapan strategi-strategi tersebut tidak hanya membantu siswa untuk tetap fokus dalam belajar, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan interaktif. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran yang tepat dapat memberikan dampak positif terhadap kesiapan belajar siswa, serta mendukung tercapainya tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang optimal.
Article Details
How to Cite
[1]
“Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 222–232, Dec. 2024, doi: 10.19109/x7t6f108.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 222–232, Dec. 2024, doi: 10.19109/x7t6f108.