Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Problematikanya di Sekolah Umum dalam Penerapan Kurikulum Merdeka
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi problematika dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum, khususnya dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa SMP Negeri 47 Bandung dan SMP Muhammadiyah 2 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kurikulum Merdeka memberi ruang bagi kreativitas dan pendekatan berbasis proyek, penerapannya dalam PAI terbentur pada kesulitan menghubungkan konsep-konsep agama dengan praktik sehari-hari siswa. Selain itu, faktor keterbatasan infrastruktur dan dukungan sumber daya juga mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Namun, beberapa strategi penyesuaian yang diterapkan oleh guru, seperti mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan konvensional, serta melibatkan orang tua dalam pembelajaran, menunjukkan dampak positif terhadap motivasi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai tantangan dan solusi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Problematikanya di Sekolah Umum dalam Penerapan Kurikulum Merdeka”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 233–244, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24757.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Problematikanya di Sekolah Umum dalam Penerapan Kurikulum Merdeka”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 233–244, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24757.