Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kelompok Remaja Masjid
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kinerja program ekstrakurikuler keagamaan yaitu Kelompok Remaja Masjid (KRM). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler KRM memiliki tujuan utama yaitu untuk memperdalam pemahaman agama dan membentuk karakter siswa. Selain itu, Ekstrakurikuler KRM juga memiliki peranan krusial dalam pengembangan akhlak siswa dengan menanamkan nilai-nilai seperti disiplin, solidaritas, kepemimpinan, dan tanggung jawab. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan dana dan dampak negatif dari media sosial yang dapat menghambat pencapaian tujuan tersebut sama. Walaupun demikian, melalui berbagai program KRM, diharapkan dapat memperkuat karakter keimanan dan ketakwaan siswa, serta menumbuhkan sikap akhlak yang baik sesuai ajaran Islam. Keberhasilan program ini sangat bergantung pada dukungan sumber daya yang tersedia dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan, sehingga siswa dapat berkembang secara maksimal dalam aspek spiritual dan moral.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kelompok Remaja Masjid”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 245–258, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24832.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kelompok Remaja Masjid”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 245–258, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24832.