Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kelompok Remaja Masjid

Main Article Content

Achmad Ghiyats Setiawan
Udin Supriadi
Mulyana Abdullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kinerja program ekstrakurikuler keagamaan yaitu Kelompok Remaja Masjid (KRM). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler KRM memiliki tujuan utama yaitu untuk memperdalam pemahaman agama dan membentuk karakter siswa. Selain itu, Ekstrakurikuler KRM juga memiliki peranan krusial dalam pengembangan akhlak siswa dengan menanamkan nilai-nilai seperti disiplin, solidaritas, kepemimpinan, dan tanggung jawab. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan dana dan dampak negatif dari media sosial yang dapat menghambat pencapaian tujuan tersebut sama. Walaupun demikian, melalui berbagai program KRM, diharapkan dapat memperkuat karakter keimanan dan ketakwaan siswa, serta menumbuhkan sikap akhlak yang baik sesuai ajaran Islam. Keberhasilan program ini sangat bergantung pada dukungan sumber daya yang tersedia dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan, sehingga siswa dapat berkembang secara maksimal dalam aspek spiritual dan moral.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kelompok Remaja Masjid”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 245–258, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24832.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kelompok Remaja Masjid”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 245–258, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24832.