Peningkatan Pendapatan melalui Aplikasi Ciblon oleh Pedagang Kaki Lima

Main Article Content

Linda Selviani
Amar Baharudin Fadli
Mahfud Rivai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi yang digunakan oleh pedagang kaki lima untuk meningkatkan pendapatan, menganalisis efektivitas aplikasi Ciblon (Cilacap Belanja Online) untuk  mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan memberdayakan pedagang kaki lima. Jenis penelitina ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan diskusi kelompok terfokus (FGD) dengan memberikan kuesioner kepada 10 orang responden. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi untuk selanjutnya dilakukan analisis secara mendalam dengan menggunakan analisis data model interaktif dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi peningkatan pendapatan oleh pedagang kaki lima dilakukan dengan berbagai cara yaitu pengembangan produk, peningkatan kualitas pelayanan, pemasaran, kemitraan, pemanfaatkan platform digital, dan pengembangan aplikasi Ciblon. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi kendala seperti kurangnya pengetahuan digital dan terbatasnya perangkat yang memadai menjadi faktor penghambat. Studi ini menyimpulkan bahwa aplikasi Ciblon memiliki potensi besar dalam memberdayakan pedagang kaki lima, namun perlu didukung dengan program pelatihan dan sosialisasi yang lebih intensif sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. 

Article Details

How to Cite
[1]
“Peningkatan Pendapatan melalui Aplikasi Ciblon oleh Pedagang Kaki Lima”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 259–264, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24872.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Peningkatan Pendapatan melalui Aplikasi Ciblon oleh Pedagang Kaki Lima”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 259–264, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24872.