Gamifikasi sebagai Pendekatan Inovatif untuk Peningkatan Pemahaman Siswa

Main Article Content

Yuna Yulianti
Muslimah
Abdullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 8 Palangka Raya melalui penerapan metode gamifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tes hasil belajar siswa, sementara analisis data dilakukan dengan metode deskriptif dan komparatif untuk mengevaluasi perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan gamifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gamifikasi dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, yang tercermin dari peningkatan partisipasi aktif dan pemahaman yang lebih baik dalam materi pembelajaran. Siswa menunjukkan respons positif terhadap elemen-elemen permainan seperti tantangan dan penghargaan, yang membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Sebaliknya, metode ceramah tradisional yang digunakan sebelumnya dianggap kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Kesimpulannya, penerapan gamifikasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Palangka Raya terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan motivasi siswa, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan dinamis.

Article Details

How to Cite
[1]
“Gamifikasi sebagai Pendekatan Inovatif untuk Peningkatan Pemahaman Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 265–274, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24904.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Gamifikasi sebagai Pendekatan Inovatif untuk Peningkatan Pemahaman Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 265–274, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24904.