Gamifikasi sebagai Pendekatan Inovatif untuk Peningkatan Pemahaman Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 8 Palangka Raya melalui penerapan metode gamifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tes hasil belajar siswa, sementara analisis data dilakukan dengan metode deskriptif dan komparatif untuk mengevaluasi perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan gamifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gamifikasi dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, yang tercermin dari peningkatan partisipasi aktif dan pemahaman yang lebih baik dalam materi pembelajaran. Siswa menunjukkan respons positif terhadap elemen-elemen permainan seperti tantangan dan penghargaan, yang membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Sebaliknya, metode ceramah tradisional yang digunakan sebelumnya dianggap kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Kesimpulannya, penerapan gamifikasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Palangka Raya terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan motivasi siswa, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan dinamis.
Article Details
How to Cite
[1]
“Gamifikasi sebagai Pendekatan Inovatif untuk Peningkatan Pemahaman Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 265–274, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24904.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Gamifikasi sebagai Pendekatan Inovatif untuk Peningkatan Pemahaman Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 265–274, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.24904.