Analisis Faktor Pengetahuan Produk dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah

Main Article Content

Muhammad Daffa Dhiya’ulhaq
Rika Lidyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk, dan promosi terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Sumsel Babel Syariah Kantor Cabang Palembang. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu pengetahuan produk (X1), dan promosi (X2), sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan nasabah (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Sumsel Babel Syariah Kantor Cabang Palembang. Sampel sebanyak 100 nasabah dengan menggunakan rumus Lemeshow dan menggunakan teknik Sampling insidental. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan  SPSS, yang terdiri dari uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini didapat dari uji t dan uji F yang menunjukkan bahwa variabel, pengetahuan produk, dan promosi  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah secara parsial yaitu variabel Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Sumsel Babel Kantor Cabang Palembang. Diperoleh nilai coefficients sebesar thitung > ttabel = 4,961> 1,98477 dan Variabel Promosi terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Sumsel Babel Kantor Cabang Palembang diperoleh nilai coefficients sebesar thitung > ttabel = 2,850 > 1,98477 serta uji simultan berpengaruh positif dan signifikan.

Article Details

How to Cite
[1]
“Analisis Faktor Pengetahuan Produk dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 284–292, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25091.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Analisis Faktor Pengetahuan Produk dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 284–292, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25091.