Analisis Faktor Pengetahuan Produk dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk, dan promosi terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Sumsel Babel Syariah Kantor Cabang Palembang. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu pengetahuan produk (X1), dan promosi (X2), sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan nasabah (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Sumsel Babel Syariah Kantor Cabang Palembang. Sampel sebanyak 100 nasabah dengan menggunakan rumus Lemeshow dan menggunakan teknik Sampling insidental. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS, yang terdiri dari uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini didapat dari uji t dan uji F yang menunjukkan bahwa variabel, pengetahuan produk, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah secara parsial yaitu variabel Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Sumsel Babel Kantor Cabang Palembang. Diperoleh nilai coefficients sebesar thitung > ttabel = 4,961> 1,98477 dan Variabel Promosi terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Sumsel Babel Kantor Cabang Palembang diperoleh nilai coefficients sebesar thitung > ttabel = 2,850 > 1,98477 serta uji simultan berpengaruh positif dan signifikan.
Article Details
How to Cite
[1]
“Analisis Faktor Pengetahuan Produk dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 284–292, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25091.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Analisis Faktor Pengetahuan Produk dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 284–292, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25091.