Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-Modul berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau development research. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah Teknik walkthrough, angket respon peserta didik dan instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli. Pada tahap uji coba terbatas dengan 5 peserta didik diperoleh skor 90,00% (sangat praktis) dengan N-gain sebesar 0,64 (kategori sedang). Pada tahap uji coba luas dengan 22 peserta didik diperoleh skor 85,61% (sangat praktis) dan N- gain sebesar 0,68 (kategori sedang) sehingga E- Modul berbasis etnosains dapat menghasilkan E-Modul yang valid, praktis dan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains. Dengan demikian E-Modul yang dikembangkan dapat dengan mudah digunakan dalam pembelajaran Fisika.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 311–319, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25169.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 311–319, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25169.