Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa

Main Article Content

Arin Gudesma
Ismet
Kistono

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-Modul berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau development research. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah Teknik walkthrough, angket respon peserta didik dan instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli. Pada tahap uji coba terbatas dengan 5 peserta didik diperoleh skor 90,00% (sangat praktis) dengan N-gain sebesar 0,64 (kategori sedang). Pada tahap uji coba luas dengan 22 peserta didik diperoleh skor 85,61% (sangat praktis) dan N- gain sebesar 0,68 (kategori sedang) sehingga E- Modul berbasis etnosains dapat menghasilkan E-Modul yang valid, praktis dan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains. Dengan  demikian E-Modul yang dikembangkan dapat dengan mudah digunakan dalam pembelajaran Fisika.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 311–319, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25169.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 311–319, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25169.