Desentralisasi dan Pengelolaan Egosentrisme Berbasis Teori Kognitif Jean Piaget dalam Penugasan Kolaboratif Mata Pelajaran Bahasa Arab

Main Article Content

Annisa Nurul Zakia
Syihabuddin
Shofa M Khalid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi desentralisasi dan pengelolaan egosentrisme siswa dalam penerapan penugasan kolaboratif pada usia sekolah dasar dan membantu guru dalam mengembangkan strategi serta memaksimalkan kapabilitas kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan single case studies. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara semi-terstruktur, dan observasi partisipatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles & Huberman dan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menampilkan kemampuan desentralisasi yang baik dalam penugasan kolaboratif. Selaras dengan teori Jean Piaget, kemampuan tersebut masih perlu arahan secara spesifik sesuai dengan tahapan usia perkembangan kognitif mereka. Dalam aspek pengelolaan egosentrisme, siswa menunjukkan kemampuan yang baik dalam bermusyawarah dan bekerja sama. Tidak hanya mendukung teori perkembangan kognitif Piaget, temuan ini juga memperluas pemahaman tentang faktor kecerdasan, lingkungan belajar, dan interaksi sosial dapat mempercepat perkembangan kognitif dan sosial anak.
 

Article Details

How to Cite
[1]
“Desentralisasi dan Pengelolaan Egosentrisme Berbasis Teori Kognitif Jean Piaget dalam Penugasan Kolaboratif Mata Pelajaran Bahasa Arab”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 341–349, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25247.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Desentralisasi dan Pengelolaan Egosentrisme Berbasis Teori Kognitif Jean Piaget dalam Penugasan Kolaboratif Mata Pelajaran Bahasa Arab”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 341–349, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25247.