Motivasi Mahasiswa PAI dalam Proses Penyelesaian Skripsi: Hubungannya dengan Emotional Quotient
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara emotional quotient (EQ) dan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian dilakukan di UIN Raden Intan Lampung dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel penelitian melibatkan 80 mahasiswa PAI angkatan 2021 yang sedang menyusun skripsi, dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen berupa angket dengan skala Likert telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis statistik meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji T, uji F, uji koefisien determinasi, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional quotient memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap motivasi mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 16,4% (R² = 0,164). Uji linearitas mengonfirmasi pola hubungan yang konsisten antara kedua variabel, sedangkan uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05), mengindikasikan pengaruh emotional quotient terhadap motivasi. Selain itu, hasil uji heteroskedastisitas memastikan bahwa model regresi dapat diinterpretasikan dengan baik. Mahasiswa dengan emotional quotient tinggi lebih mampu mengelola emosi, mengatasi stres, dan tetap fokus pada tujuan akademik. Hasil ini menegaskan pentingnya emotional quotient dalam mendukung motivasi dan keberhasilan akademik mahasiswa.
Article Details
How to Cite
[1]
“Motivasi Mahasiswa PAI dalam Proses Penyelesaian Skripsi: Hubungannya dengan Emotional Quotient”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 359–372, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25546.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Motivasi Mahasiswa PAI dalam Proses Penyelesaian Skripsi: Hubungannya dengan Emotional Quotient”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 359–372, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25546.