Motivasi Mahasiswa PAI dalam Proses Penyelesaian Skripsi: Hubungannya dengan Emotional Quotient

Main Article Content

Putri Aulia
Baharudin
Anggil Viyantini Kuswanto
Agus Pahrudin
Rudi Irawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara emotional quotient (EQ) dan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian dilakukan di UIN Raden Intan Lampung dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel penelitian melibatkan 80 mahasiswa PAI angkatan 2021 yang sedang menyusun skripsi, dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen berupa angket dengan skala Likert telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis statistik meliputi uji normalitas, uji linearitas,  uji T, uji F, uji koefisien determinasi, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional quotient memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap motivasi mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 16,4% (R² = 0,164). Uji linearitas mengonfirmasi pola hubungan yang konsisten antara kedua variabel, sedangkan uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05), mengindikasikan pengaruh emotional quotient terhadap motivasi. Selain itu, hasil uji heteroskedastisitas memastikan bahwa model regresi dapat diinterpretasikan dengan baik. Mahasiswa dengan emotional quotient tinggi lebih mampu mengelola emosi, mengatasi stres, dan tetap fokus pada tujuan akademik. Hasil ini menegaskan pentingnya emotional quotient dalam mendukung motivasi dan keberhasilan akademik mahasiswa.

Article Details

How to Cite
[1]
“Motivasi Mahasiswa PAI dalam Proses Penyelesaian Skripsi: Hubungannya dengan Emotional Quotient”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 359–372, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25546.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Motivasi Mahasiswa PAI dalam Proses Penyelesaian Skripsi: Hubungannya dengan Emotional Quotient”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 359–372, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25546.