Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar

Main Article Content

Muhammad Ilham Prasetyo
Nurul Azizah
Muhammad Akmansyah
Umihijriyah
Erni Yusnita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran student facilitator and explaning (SFAE) terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Kemala Bhayangkari Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Diuji menggunakan SPSS 25 dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji reliabilitas dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Samples T-Test, nilai  (Sig.) pada uji Levene sebesar 0,797 menunjukkan bahwa asumsi kesetaraan varians terpenuhi, sehingga analisis menggunakan baris pertama output uji T dinyatakan valid dan hasil nilai t sebesar 2,343 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 53 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,023, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan SFAE efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
“Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 385–395, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25575.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 385–395, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25575.