Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran student facilitator and explaning (SFAE) terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Kemala Bhayangkari Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Diuji menggunakan SPSS 25 dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji reliabilitas dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Samples T-Test, nilai (Sig.) pada uji Levene sebesar 0,797 menunjukkan bahwa asumsi kesetaraan varians terpenuhi, sehingga analisis menggunakan baris pertama output uji T dinyatakan valid dan hasil nilai t sebesar 2,343 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 53 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,023, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan SFAE efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Article Details
How to Cite
[1]
“Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 385–395, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25575.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar”, intelektualita, vol. 13, no. 2, pp. 385–395, Dec. 2024, doi: 10.19109/intelektualita.v13i2.25575.