Telaah Kurikulum TERPADU Khas JSIT: Perumusan dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kurikulum TERPADU khas Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam menciptakan keseimbangan antara dimensi dunia dan akhirat dalam pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan sumber data primer berupa Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu edisi kelima, serta sumber sekunder dari jurnal ilmiah dan buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum ini berhasil mengintegrasikan nilai-nilai spiritual Islam dengan ilmu pengetahuan modern melalui pendekatan pendidikan holistik dan inovatif. Temuan utama mencakup aplikasi praktis kurikulum dalam pembelajaran tematik dan berbasis proyek, serta tantangan dalam implementasinya, seperti keterbatasan pelatihan guru. Implikasi penelitian ini menekankan kontribusi teoritis dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang lebih relevan dan efektif, serta memberikan wawasan baru tentang pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan pemanfaatan teknologi dalam mendukung pembelajaran integratif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kebijakan pendidikan Islam di Indonesia.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
References
Ahmad, R. (2018). Exploring the Balance of Religious and Secular Studies in Islamic Schools. Journal of Islamic Education, 6(1), 23–28.
Aisyah, N. (2020). Pendekatan Integrasi dalam Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 123–135.
Akmal, T. (2020). Islamic Integrated Curriculum: Framework and Applications. Journal of Islamic Pedagogy, 15(3), 55–70.
Al-Attas, S. M. N. (2018). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).
Al-Ghazali. (2019). Ihya Ulumuddin: Terjemahan dan Relevansi dalam Pendidikan. Mizan.
Ali, M. (2019). Kurikulum Pendidikan Islam yang Holistik. Jurnal Pendidikan Islam, 17(3), 12–18.
Amin, L. (2022). Pendidikan Islam dan Keseimbangan Dunia Akhirat. Jurnal Keislaman, 8(2), 65–85.
Apriansyah, B., Sukarno, D. O., Andari, A. A., & Sujarwo, A. (2023). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Agama, 02(04), 115–127.
Arif, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum JSIT. Jurnal Karakter, 3(1), 35–50.
Dewi, A. (2022). Kurikulum Terpadu Berbasis Nilai Islam. Jurnal Integrasi Pendidikan, 13(1), 15–35.
Fadila, A. (2021). Kurikulum Integratif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Modern, 9(3), 125–140.
Fauzan, M. (2018). Konsep Pendidikan Islam dalam Era Digital. Jurnal Islam Dan Pendidikan, 8(1), 100–115.
Hakim, F. (2021). Kurikulum Berbasis Karakter dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(1), 45–60.
Hamid, A. (2019). Model Kurikulum Terpadu dalam Pendidikan Karakter Berbasis Islam. Edukasia: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 56–70.
Hasan, M. K. (2020). Integrated Islamic Education: Balancing Spirituality and Worldly Knowledge. Journal of Islamic Studies and Culture, 22(2), 85–100.
Hasanah, U. (2022). Evaluasi Kurikulum Berbasis Islam Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Qalam, 20(1), 34–49.
Ibrahim, S. (2020). The Role of Integrated Islamic Curriculum in Holistic Education. International Journal of Education and Religion, 22(2), 85–100.
Indonesia(JSIT), J. S. I. T. (2023). Standar Mutu Kekhasan JSIT Edisi 5. JSIT Indonesia.
Ismail, A. (2018). Islamic Educational Leadership in Curriculum Implementation. Islamic Education Review, 12(4), 75–90.
Kurniawati, T. (2020). Konsep Pendidikan Islam dalam Kurikulum Nasional dan Kurikulum JSIT. Jurnal Studi Islam, 9(3), 30–45.
Mansur, H. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Kurikulum Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(3), 30–45.
Munawar, S. (2018). Konsep Pendidikan Integratif Berbasis Islam. Jurnal Studi Pendidikan, 10(4), 45–58.
Nisa, A. (2020). Pendidikan Islam Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 120–135.
Nurul, H. (2021). Integrasi Nilai Keislaman dan IPTEK dalam Kurikulum Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 60–75.
Rahman, F. (2021). Bridging the Sacred and Secular in Islamic Education Systems. Journal of Education and Learning, 15(2), 45–58.
Rahmi, D. (2020). Pendidikan Islam Terpadu: Mengintegrasikan Ibadah dan Ilmu. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(2), 70–85.
Rohim, S. (2019). Pendidikan Islam Terpadu dan Implementasinya dalam Kurikulum JSIT. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 45–60.
Rusydi, M. (2020). Pendidikan Integratif dalam Kurikulum JSIT. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 14(1), 30–50.
Sabila, R. (2021). Pendidikan Holistik Berbasis Islam di Era Digital. Jurnal Transformasi Pendidikan, 11(2), 85–105.
Setiawan, T. (2021). Kajian Pendidikan Integratif dalam Kurikulum JSIT. Jurnal Studi Keislaman, 10(2), 90–110.
Sukmadinata, S. N. (n.d.). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Remaja Rosdakarya.
Suryani, R. (2021). Implementasi Kurikulum JSIT di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Al-Ta’dib, 8(3), 45–60.
Wahyuni, S. (2019). Pendidikan Islam dan Peran Kurikulum Integratif. Jurnal Studi Islam Dan Pendidikan, 6(2), 75–90.
Wardhani, L. (2019). Pendidikan Islam dan Tantangan Modernitas. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 75–90.
Widiana, I. W., Widiani, N. K., & Antara, I. G. W. S. (2024). Pelatihan Implementasi Phenomenon Based Learning Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 7(3), 293–299. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i3.67625
Yahya, I. (2022). Keseimbangan Duniawi dan Ukhrawi dalam Kurikulum JSIT. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 12(1), 40–55.
Yusuf, M. (2021). Integration of Spiritual and Secular Values in Islamic Schools. Education and Development Journal, 7(1), 65–80.
Zahra, K. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Islam. Jurnal Pendidikan Moral, 7(1), 65–80.
Zarkasyi, A. (2019). Revitalizing Islamic Education Philosophy for 21st Century Challenges. International Journal of Islamic Thought, 14, 29–40.
Zuhdi, M. (2022). Integrasi Islam dan Sains dalam Kurikulum Pendidikan. Pustaka Pelajar.