Peningkatan Pemahaman Siswa: Integrasi Canva dan Wordwall pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media teknologi berbantu Canva dan Wordwall dalam pembelajaran materi Hari Akhir pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Insan Rahayu Bandung. Penelitian ini mengukur pengaruh kedua aplikasi tersebut terhadap pemahaman dan motivasi siswa, terutama pada materi yang dianggap abstrak dan sulit dipahami. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei, yang melibatkan 21 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji t untuk dua sampel saling berhubungan (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dan Wordwall secara signifikan meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan kedua media ini, dengan Canva membantu siswa memahami materi yang kompleks melalui visualisasi yang menarik dan Wordwall yang memotivasi siswa untuk lebih terlibat dalam evaluasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi Canva dan Wordwall dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
References
Abdillah, A., & Astutik, A. P. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD. 11, 1058–1066. https://bangka.tribunnews.com/2023/10/14/pemanfaatan-teknologi-dalam-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-di-sekolah
Damayanti, R., & Wachidah, L. R. (2024). Penggunaan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Pademawu. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 47–55. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2024.4.1.47-55
Harun, S. (2021). Pembelajaran di Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 265–276.
Hidayanti, A., Putri, N. K., & Pratiwi, D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Media Wordwall Terhadap Penyesuaian Diri di Kelas. Jurnal Lentera Anak, 3(2), 1–14.
Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 943–947. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4823
Imam, I. A., Diange, S., & Pangalila, T. (2024). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Materi Ajar oleh Guru di Sekolah SMK Negeri 1 Tondano. Tumoutou Social Science Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.61476/732rm497
Imanudin, M. R., & Faiza, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH) di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 26806–26820.
Jaelani, A. (n.d.). Pembelajaran PAI Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah. 01(01), 10. http://files/7/Jaelani - Pembelajaran PAI Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah.pdf
Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179–187. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.466
Mashur, M., Iswandi, T., & Yaqin, L. N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Integrasi TIK dalam Proses Pembelajaran pada Pondok Pesantren di Lombok Timur. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 278–287. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4155
Nafi’ah, I. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pengkonkritan Materi Abstrak PAI Anak Usia Dini di RA Perwanida 3 Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 2(2), 25–45. https://doi.org/10.19109/muaddib.v2i2.5662
Nusroh, S., & Ahsani, E. L. F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 157–164. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.891
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 2(2), 135–148. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy
Pramudita, B. I., & Sunarso, A. (2024). Study of Wordwall Web Based Learning Media to Increase Student Learning Interest in Science Learning. Journal of Research in Science Education, 10(10), 8149–8157. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.9502
Pratiwi, M. H., Melati, D., Harry, A., Octaviani, D., Marwa, M., & Nurfaisal, N. (2024). The Impact of Using Wordwall.Net and Canva as Media Technology in Learning to Write Procedure Texts for Students of SMPN 8 Kandis. International Conference on Education and Innovation, June, 130–137.
Rosyad, S., & Harsono, M. (2021). Pentingnya Perceived Usefulness Dan Perceived Ease of Use: Dalam Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 5(1), 86–92. https://doi.org/10.22437/jiituj.v5i1.13723
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2(1), 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Saputra, D. (2023). The Influence of Interactive Learning Media Usage on Student Learning Motivation in Islamic Religious Education at Elementary Schools. Jurnal Ar Ro’is Mandalika (Armada), 3(1), 29–38. https://doi.org/10.59613/armada.v3i1.2842
Sari, N. I. (2023). Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Melalui Media Game Interaktif Wordwall Pada Materi Qada Dan Qadar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 768–776.
Setiani, I., Medriati, R., & Purwanto, D. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 9(1), 57–68.
Suarmini, N. K., & Nurjaya, I. G. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 328–339.
Sumantri, A., Tamyis, & Ekowati, E. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 299–311. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2089
Warti, K., Riyoko, E., & Irawan, D. B. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 137 Palembang. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 321–336.
Widyastuti, A. (2024). Pemanfaatan Apca (Aplikasi Canva) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kreativitas Siswa. Jurnal JARLITBANG Pendidikan, 10(1), 27–38.
Yulianti, Mustamiroh, Iksam, & Wahyuningsih, T. (2024). Pengembangan Media Interaktif Gamsuya Berbasis Wordwall Dan Canva Mapel IPAS di SD. Jurnal Education and Development, 12(3), 381–388.
Yusra, I., & Reflina, R. (2024). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Wordwall Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 303–313. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.6215