Peningkatan Pemahaman Siswa: Integrasi Canva dan Wordwall pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media teknologi berbantu Canva dan Wordwall dalam pembelajaran materi Hari Akhir pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Insan Rahayu Bandung. Penelitian ini mengukur pengaruh kedua aplikasi tersebut terhadap pemahaman dan motivasi siswa, terutama pada materi yang dianggap abstrak dan sulit dipahami. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei, yang melibatkan 21 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji t untuk dua sampel saling berhubungan (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dan Wordwall secara signifikan meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan kedua media ini, dengan Canva membantu siswa memahami materi yang kompleks melalui visualisasi yang menarik dan Wordwall yang memotivasi siswa untuk lebih terlibat dalam evaluasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi Canva dan Wordwall dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Article Details
How to Cite
[1]
“Peningkatan Pemahaman Siswa: Integrasi Canva dan Wordwall pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intizar.v14i1.26774.
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Peningkatan Pemahaman Siswa: Integrasi Canva dan Wordwall pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intizar.v14i1.26774.