Peningkatan Pemahaman Siswa: Integrasi Canva dan Wordwall pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Ananda Salma Khoerunnisa
Anisa Fitriany Sholehah
Annisa Fitriyani
Dede Wartini
Maslani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media teknologi berbantu Canva dan Wordwall dalam pembelajaran materi Hari Akhir pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Insan Rahayu Bandung. Penelitian ini mengukur pengaruh kedua aplikasi tersebut terhadap pemahaman dan motivasi siswa, terutama pada materi yang dianggap abstrak dan sulit dipahami. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei, yang melibatkan 21 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji t untuk dua sampel saling berhubungan (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan  Canva dan Wordwall secara signifikan meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan kedua media ini, dengan  Canva membantu siswa memahami materi yang kompleks melalui visualisasi yang menarik dan Wordwall yang memotivasi siswa untuk lebih terlibat dalam evaluasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi  Canva dan Wordwall dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Article Details

How to Cite
[1]
“Peningkatan Pemahaman Siswa: Integrasi Canva dan Wordwall pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intizar.v14i1.26774.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Peningkatan Pemahaman Siswa: Integrasi Canva dan Wordwall pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, intelektualita, vol. 14, no. 1, Apr. 2025, doi: 10.19109/intizar.v14i1.26774.